DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 45 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
3 Kecukupan makanan 0 6 14 27 162 86.17% 6 12.76% 41 87.23%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 8 19 20 153 81.38% 8 17.02% 41 82.97%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 15 32 173 92.02% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 14 142 79 770 81.91% 14 5.957% 221 94.04%
100




0
75%
75%
86.17%
81.38%
92.02%
81.91%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 13 33 173 92.02% 1 2.127% 46 97.87%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 12 35 176 93.61% 0 0% 47 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 16 29 168 89.36% 2 4.255% 45 95.74%
5 Penguasaan materi 0 0 18 29 170 90.42% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 3 73 159 861 91.59% 3 1.276% 232 98.72%
100




0
92.55%
92.02%
93.61%
89.36%
90.42%
91.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 18 28 168 89.36% 1 2.127% 46 97.87%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 8 19 19 150 79.78% 9 19.14% 38 80.85%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 11 22 14 144 76.59% 11 23.40% 36 76.59%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 24 22 162 86.17% 1 2.127% 46 97.87%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 47 0 0 94 50% 47 100% 0 0%
Jumlah
1 68 177 83 1000 75.98% 69 20.97% 260 79.02%
100




0
89.36%
79.78%
75%
75%
76.59%
86.17%
50%
75.98%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 12 35 176 93.61% 0 0% 47 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 9 16 21 151 80.31% 10 21.27% 37 78.72%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 17 28 167 88.82% 2 4.255% 45 95.74%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 16 30 170 90.42% 1 2.127% 46 97.87%
5 Kedisiplinan 0 1 19 27 167 88.82% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
1 13 80 141 831 88.40% 14 5.957% 221 94.04%
100




0
93.61%
80.31%
88.82%
90.42%
88.82%
88.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Layanan makanan 0 9 9 29 161 85.63% 9 19.14% 38 80.85%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 18 29 170 90.42% 0 0% 47 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 20 27 168 89.36% 0 0% 47 100%
5 Keramahan 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 9 108 118 814 86.59% 9 3.829% 226 96.17%
100




0
75%
85.63%
90.42%
89.36%
92.55%
86.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 13 32 170 90.42% 2 4.255% 45 95.74%
2 Transparansi keuangan 1 0 16 30 169 89.89% 1 2.127% 46 97.87%
3 Bebas Pungli 1 0 16 30 169 89.89% 1 2.127% 46 97.87%
4 Bebas gratifikasi 1 0 15 31 170 90.42% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
4 1 60 123 678 90.15% 5 2.659% 183 97.34%
100




0
90.42%
89.89%
89.89%
90.42%
90.15%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.04%
98.72%
79.02%
94.04%
96.17%
97.34%
93.22%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.22%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005