DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 46 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 7 25 123 93.18% 1 3.030% 32 96.96%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 12 20 118 89.39% 1 3.030% 32 96.96%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 8 25 124 93.93% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 2 93 70 563 85.30% 2 1.212% 163 98.78%
100




0
75%
75%
93.18%
89.39%
93.93%
85.30%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 11 22 121 91.66% 0 0% 33 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 13 20 119 90.15% 0 0% 33 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 11 22 121 91.66% 0 0% 33 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 11 22 121 91.66% 0 0% 33 100%
5 Penguasaan materi 0 1 10 22 120 90.90% 1 3.030% 32 96.96%
Jumlah
0 1 56 108 602 91.21% 1 0.606% 164 99.39%
100




0
91.66%
90.15%
91.66%
91.66%
90.90%
91.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 11 22 121 91.66% 0 0% 33 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 16 17 116 87.87% 0 0% 33 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 18 13 110 83.33% 2 6.060% 31 93.93%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 18 14 112 84.84% 1 3.030% 32 96.96%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 33 0 0 66 50% 33 100% 0 0%
Jumlah
0 36 129 66 723 78.24% 36 15.58% 195 84.41%
100




0
91.66%
87.87%
75%
75%
83.33%
84.84%
50%
78.24%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 12 21 120 90.90% 0 0% 33 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 1 18 13 109 82.57% 2 6.060% 31 93.93%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 13 20 119 90.15% 0 0% 33 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 15 18 117 88.63% 0 0% 33 100%
5 Kedisiplinan 0 0 16 17 116 87.87% 0 0% 33 100%
Jumlah
1 1 74 89 581 88.03% 2 1.212% 163 98.78%
100




0
90.90%
82.57%
90.15%
88.63%
87.87%
88.03%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Layanan makanan 0 1 8 24 122 92.42% 1 3.030% 32 96.96%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 10 23 122 92.42% 0 0% 33 100%
5 Keramahan 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 1 69 95 589 89.24% 1 0.606% 164 99.39%
100




0
75%
92.42%
93.18%
92.42%
93.18%
89.24%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 10 23 122 92.42% 0 0% 33 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 12 21 120 90.90% 0 0% 33 100%
3 Bebas Pungli 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 10 23 122 92.42% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 0 41 91 487 92.23% 0 0% 132 100%
100




0
92.42%
90.90%
93.18%
92.42%
92.23%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.78%
99.39%
84.41%
98.78%
99.39%
100%
96.79%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.79%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005