DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 47 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 5 33 153 93.29% 3 7.317% 38 92.68%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 6 12 23 140 85.36% 6 14.63% 38 85.36%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 36 159 96.95% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 9 104 92 698 85.12% 9 4.390% 196 95.60%
100




0
75%
75%
93.29%
85.36%
96.95%
85.12%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 2 39 162 98.78% 0 0% 41 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 4 37 160 97.56% 0 0% 41 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 2 39 162 98.78% 0 0% 41 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 6 35 158 96.34% 0 0% 41 100%
5 Penguasaan materi 0 0 2 39 162 98.78% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 0 16 189 804 98.04% 0 0% 205 100%
100




0
98.78%
97.56%
98.78%
96.34%
98.78%
98.04%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 12 28 150 91.46% 1 2.439% 40 97.56%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 9 12 17 125 76.21% 12 29.26% 29 70.73%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 5 10 26 144 87.80% 5 12.19% 36 87.80%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 10 29 150 91.46% 2 4.878% 39 95.12%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
3 58 126 100 897 78.13% 61 21.25% 226 78.74%
100




0
91.46%
76.21%
75%
75%
87.80%
91.46%
50%
78.13%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 3 38 161 98.17% 0 0% 41 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 4 6 31 150 91.46% 4 9.756% 37 90.24%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 9 31 153 93.29% 1 2.439% 40 97.56%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 6 35 158 96.34% 0 0% 41 100%
5 Kedisiplinan 0 2 7 32 153 93.29% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
0 7 31 167 775 94.51% 7 3.414% 198 96.58%
100




0
98.17%
91.46%
93.29%
96.34%
93.29%
94.51%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 0 3 6 32 152 92.68% 3 7.317% 38 92.68%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 5 36 159 96.95% 0 0% 41 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 3 38 161 98.17% 0 0% 41 100%
5 Keramahan 0 0 1 40 163 99.39% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 3 56 146 758 92.43% 3 1.463% 202 98.53%
100




0
75%
92.68%
96.95%
98.17%
99.39%
92.43%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 1 39 160 97.56% 1 2.439% 40 97.56%
2 Transparansi keuangan 1 0 3 37 158 96.34% 1 2.439% 40 97.56%
3 Bebas Pungli 1 0 1 39 160 97.56% 1 2.439% 40 97.56%
4 Bebas gratifikasi 1 0 3 37 158 96.34% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
4 0 8 152 636 96.95% 4 2.439% 160 97.56%
100




0
97.56%
96.34%
97.56%
96.34%
96.95%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.60%
100%
78.74%
96.58%
98.53%
97.56%
94.50%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.50%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005