DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 48 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 7 30 147 91.87% 3 7.5% 37 92.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 11 16 13 122 76.25% 11 27.5% 37 72.5%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 10 29 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
1 14 113 72 656 82% 15 7.5% 185 92.5%
100




0
75%
75%
91.87%
76.25%
91.87%
82%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 0 4 35 153 95.62% 1 2.5% 39 97.5%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 5 34 152 95% 1 2.5% 39 97.5%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 4 35 153 95.62% 1 2.5% 39 97.5%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 2 8 29 145 90.62% 3 7.5% 37 92.5%
5 Penguasaan materi 1 0 4 35 153 95.62% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
5 2 25 168 756 94.5% 7 3.5% 193 96.5%
100




0
95.62%
95%
95.62%
90.62%
95.62%
94.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 9 10 18 123 76.87% 12 30% 28 70%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 4 19 16 130 81.25% 5 12.5% 35 87.5%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 3 10 25 138 86.25% 5 12.5% 35 87.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 5 15 19 132 82.5% 6 15% 34 85%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 40 0 0 80 50% 40 100% 0 0%
Jumlah
7 61 134 78 843 75.26% 68 24.28% 212 75.71%
100




0
76.87%
81.25%
75%
75%
86.25%
82.5%
50%
75.26%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 5 34 152 95% 1 2.5% 39 97.5%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 3 11 25 140 87.5% 4 10% 36 90%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 6 32 149 93.12% 2 5% 38 95%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 7 32 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
5 Kedisiplinan 1 1 7 31 148 92.5% 2 5% 38 95%
Jumlah
5 5 36 154 739 92.37% 10 5% 190 95%
100




0
95%
87.5%
93.12%
93.75%
92.5%
92.37%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Layanan makanan 2 4 9 25 137 85.62% 6 15% 34 85%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 7 32 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 9 30 148 92.5% 1 2.5% 39 97.5%
5 Keramahan 1 0 3 36 154 96.25% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
5 4 68 123 709 88.62% 9 4.5% 191 95.5%
100




0
75%
85.62%
93.75%
92.5%
96.25%
88.62%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 4 34 150 93.75% 2 5% 38 95%
2 Transparansi keuangan 3 1 7 29 142 88.75% 4 10% 36 90%
3 Bebas Pungli 2 0 3 35 151 94.37% 2 5% 38 95%
4 Bebas gratifikasi 2 0 5 33 149 93.12% 2 5% 38 95%
Jumlah
9 1 19 131 592 92.5% 10 6.25% 150 93.75%
100




0
93.75%
88.75%
94.37%
93.12%
92.5%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.5%
96.5%
75.71%
95%
95.5%
93.75%
91.49%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.49%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005