DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 5 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 18 8 27 13 167 63.25% 26 39.39% 40 60.60%
2 Perlengkapan kamar tidur 18 7 29 12 167 63.25% 25 37.87% 41 62.12%
3 Kecukupan makanan 5 7 30 24 205 77.65% 12 18.18% 54 81.81%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 8 4 30 24 202 76.51% 12 18.18% 54 81.81%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 14 27 18 188 71.21% 21 31.81% 45 68.18%
Jumlah
56 40 143 91 929 70.37% 96 29.09% 234 70.90%
100




0
63.25%
63.25%
77.65%
76.51%
71.21%
70.37%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 6 5 27 28 209 79.16% 11 16.66% 55 83.33%
2 Penggunaan metode mengajar 6 7 24 29 208 78.78% 13 19.69% 53 80.30%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 5 26 28 207 78.40% 12 18.18% 54 81.81%
4 Penggunaan media pembelajaran 8 3 32 23 202 76.51% 11 16.66% 55 83.33%
5 Penguasaan materi 6 5 28 27 208 78.78% 11 16.66% 55 83.33%
Jumlah
33 25 137 135 1034 78.33% 58 17.57% 272 82.42%
100




0
79.16%
78.78%
78.40%
76.51%
78.78%
78.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 4 23 32 212 80.30% 11 16.66% 55 83.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 5 29 27 210 79.54% 10 15.15% 56 84.84%
3 Kebersihan lingkungan kantor 5 5 23 33 216 81.81% 10 15.15% 56 84.84%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 13 15 16 22 179 67.80% 28 42.42% 38 57.57%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 9 13 22 22 189 71.59% 22 33.33% 44 66.66%
6 Kenyamanan ruang praktek 8 4 27 27 205 77.65% 12 18.18% 54 81.81%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 6 11 25 24 199 75.37% 17 25.75% 49 74.24%
Jumlah
53 57 165 187 1410 76.29% 110 23.80% 352 76.19%
100




0
80.30%
79.54%
81.81%
67.80%
71.59%
77.65%
75.37%
76.29%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 9 22 31 212 80.30% 13 19.69% 53 80.30%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 8 10 24 24 196 74.24% 18 27.27% 48 72.72%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 7 11 21 27 200 75.75% 18 27.27% 48 72.72%
4 Kelancaran proses asessment 4 7 32 23 206 78.03% 11 16.66% 55 83.33%
5 Kedisiplinan 6 6 29 25 205 77.65% 12 18.18% 54 81.81%
Jumlah
29 43 128 130 1019 77.19% 72 21.81% 258 78.18%
100




0
80.30%
74.24%
75.75%
78.03%
77.65%
77.19%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 12 13 22 19 180 68.18% 25 37.87% 41 62.12%
2 Layanan makanan 7 7 22 30 207 78.40% 14 21.21% 52 78.78%
3 Layanan panitia kegiatan 6 6 21 33 213 80.68% 12 18.18% 54 81.81%
4 Layanan administrasi kegiatan 6 5 24 31 212 80.30% 11 16.66% 55 83.33%
5 Keramahan 7 7 20 32 209 79.16% 14 21.21% 52 78.78%
Jumlah
38 38 109 145 1021 77.34% 76 23.03% 254 76.96%
100




0
68.18%
78.40%
80.68%
80.30%
79.16%
77.34%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 10 3 18 35 210 79.54% 13 19.69% 53 80.30%
2 Transparansi keuangan 12 6 23 25 193 73.10% 18 27.27% 48 72.72%
3 Bebas Pungli 12 3 14 37 208 78.78% 15 22.72% 51 77.27%
4 Bebas gratifikasi 12 2 17 35 207 78.40% 14 21.21% 52 78.78%
Jumlah
46 14 72 132 818 77.46% 60 22.72% 204 77.27%
100




0
79.54%
73.10%
78.78%
78.40%
77.46%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
70.90%
82.42%
76.19%
78.18%
76.96%
77.27%
76.99%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 76.99%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005