DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 5 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
3 Kecukupan makanan 1 3 17 29 174 87% 4 8% 46 92%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 2 19 28 174 87% 3 6% 46 94%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 2 18 29 175 87.5% 3 6% 47 94%
Jumlah
3 7 154 86 823 82.3% 10 4% 240 96%
100




0
75%
75%
87%
87%
87.5%
82.3%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 2 19 28 174 87% 3 6% 47 94%
2 Penggunaan metode mengajar 1 2 18 29 175 87.5% 3 6% 47 94%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 2 16 31 177 88.5% 3 6% 47 94%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 2 17 30 176 88% 3 6% 47 94%
5 Penguasaan materi 1 2 16 31 177 88.5% 3 6% 47 94%
Jumlah
5 10 86 149 879 87.9% 15 6% 235 94%
100




0
87%
87.5%
88.5%
88%
88.5%
87.9%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 4 19 26 170 85% 5 10% 45 90%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 4 19 26 170 85% 5 10% 45 90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 4 19 26 170 85% 5 10% 45 90%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 3 19 27 172 86% 4 8% 46 92%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
Jumlah
4 15 226 105 1132 80.85% 19 5.428% 331 94.57%
100




0
85%
85%
75%
75%
85%
86%
75%
80.85%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 2 19 28 174 87% 3 6% 47 94%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 4 17 28 172 86% 5 10% 45 90%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 3 17 29 174 87% 4 8% 46 92%
4 Kelancaran proses asessment 1 3 17 29 174 87% 4 8% 46 92%
5 Kedisiplinan 1 2 19 28 174 87% 3 6% 47 94%
Jumlah
5 14 89 142 868 86.8% 19 7.6% 231 92.4%
100




0
87%
86%
87%
87%
87%
86.8%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Layanan makanan 1 3 18 28 173 86.5% 4 8% 46 92%
3 Layanan panitia kegiatan 1 2 19 28 174 87% 3 6% 47 94%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 2 18 29 175 87.5% 3 6% 47 94%
5 Keramahan 1 2 19 28 174 87% 3 6% 47 94%
Jumlah
4 9 124 113 846 84.6% 13 5.2% 237 94.8%
100




0
75%
86.5%
87%
87.5%
87%
84.6%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 3 20 26 171 85.5% 4 8% 46 92%
2 Transparansi keuangan 1 2 21 26 172 86% 3 6% 47 94%
3 Bebas Pungli 1 3 21 25 170 85% 4 8% 46 92%
4 Bebas gratifikasi 1 2 21 26 172 86% 3 6% 47 94%
Jumlah
4 10 83 103 685 85.62% 14 7% 186 93%
100




0
85.5%
86%
85%
86%
85.62%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96%
94%
94.57%
92.4%
94.8%
93%
94.12%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.12%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005