DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 5 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 6 35 160 95.23% 1 2.380% 42 97.61%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 6 36 162 96.42% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 1 100 109 738 87.85% 1 0.476% 209 99.52%
100




0
75%
75%
97.61%
95.23%
96.42%
87.85%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
5 Penguasaan materi 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 0 20 190 820 97.61% 0 0% 210 100%
100




0
97.61%
97.61%
97.61%
97.61%
97.61%
97.61%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 9 32 157 93.45% 1 2.380% 41 97.61%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 8 32 156 92.85% 2 4.761% 40 95.23%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 9 31 155 92.26% 2 4.761% 40 95.23%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 42 0 0 84 50% 42 100% 0 0%
Jumlah
0 48 121 125 959 81.54% 48 16.32% 246 83.67%
100




0
93.45%
92.26%
75%
75%
92.85%
92.26%
50%
81.54%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 4 37 162 96.42% 1 2.380% 41 97.61%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 8 32 156 92.85% 2 4.761% 40 95.23%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 6 36 162 96.42% 0 0% 42 100%
5 Kedisiplinan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 3 27 180 807 96.07% 3 1.428% 207 98.57%
100




0
96.42%
92.85%
97.61%
96.42%
97.02%
96.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Layanan makanan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
5 Keramahan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 0 62 148 778 92.61% 0 0% 210 100%
100




0
75%
97.02%
97.02%
97.02%
97.02%
92.61%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 6 36 162 96.42% 0 0% 42 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
3 Bebas Pungli 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 0 21 147 651 96.87% 0 0% 168 100%
100




0
96.42%
97.02%
97.02%
97.02%
96.87%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.52%
100%
83.67%
98.57%
100%
100%
96.96%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.96%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005