DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 6 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 3 1 13 41 208 89.65% 4 6.896% 54 93.10%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 2 14 38 202 87.06% 6 10.34% 52 89.65%
3 Kecukupan makanan 3 0 6 49 217 93.53% 3 5.172% 55 94.82%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 0 9 46 214 92.24% 3 5.172% 55 94.82%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 9 46 214 92.24% 3 5.172% 55 94.82%
Jumlah
16 3 51 220 1055 90.94% 19 6.551% 271 93.44%
100




0
89.65%
87.06%
93.53%
92.24%
92.24%
90.94%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 1 9 45 212 91.37% 4 6.896% 54 93.10%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 10 45 213 91.81% 3 5.172% 55 94.82%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 1 8 46 213 91.81% 4 6.896% 54 93.10%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 10 45 213 91.81% 3 5.172% 55 94.82%
5 Penguasaan materi 3 1 5 49 216 93.10% 4 6.896% 54 93.10%
Jumlah
15 3 42 230 1067 91.98% 18 6.206% 272 93.79%
100




0
91.37%
91.81%
91.81%
91.81%
93.10%
91.98%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 3 9 43 208 89.65% 6 10.34% 52 89.65%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 1 13 41 208 89.65% 4 6.896% 54 93.10%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 1 10 44 211 90.94% 4 6.896% 54 93.10%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 13 9 31 182 78.44% 18 31.03% 40 68.96%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 4 17 34 198 85.34% 7 12.06% 51 87.93%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 6 13 36 198 85.34% 9 15.51% 49 84.48%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 4 2 17 35 199 85.77% 6 10.34% 52 89.65%
Jumlah
24 30 88 264 1404 86.45% 54 13.30% 352 86.69%
100




0
89.65%
89.65%
90.94%
78.44%
85.34%
85.34%
85.77%
86.45%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 9 46 214 92.24% 3 5.172% 55 94.82%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 2 13 40 206 88.79% 5 8.620% 53 91.37%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 2 9 44 210 90.51% 5 8.620% 53 91.37%
4 Kelancaran proses asessment 3 2 10 43 209 90.08% 5 8.620% 53 91.37%
5 Kedisiplinan 3 1 7 47 214 92.24% 4 6.896% 54 93.10%
Jumlah
15 7 48 220 1053 90.77% 22 7.586% 268 92.41%
100




0
92.24%
88.79%
90.51%
90.08%
92.24%
90.77%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 2 7 46 212 91.37% 5 8.620% 53 91.37%
2 Layanan makanan 3 0 7 48 216 93.10% 3 5.172% 55 94.82%
3 Layanan panitia kegiatan 3 1 7 47 214 92.24% 4 6.896% 54 93.10%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 10 45 213 91.81% 3 5.172% 55 94.82%
5 Keramahan 3 0 8 47 215 92.67% 3 5.172% 55 94.82%
Jumlah
15 3 39 233 1070 92.24% 18 6.206% 272 93.79%
100




0
91.37%
93.10%
92.24%
91.81%
92.67%
92.24%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 0 7 46 210 90.51% 5 8.620% 53 91.37%
2 Transparansi keuangan 5 1 12 40 203 87.5% 6 10.34% 52 89.65%
3 Bebas Pungli 6 0 8 44 206 88.79% 6 10.34% 52 89.65%
4 Bebas gratifikasi 5 0 6 47 211 90.94% 5 8.620% 53 91.37%
Jumlah
21 1 33 177 830 89.43% 22 9.482% 210 90.51%
100




0
90.51%
87.5%
88.79%
90.94%
89.43%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.44%
93.79%
86.69%
92.41%
93.79%
90.51%
91.77%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.77%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005