DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 6 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
3 Kecukupan makanan 3 0 6 29 137 90.13% 3 7.894% 35 92.10%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 3 32 141 92.76% 3 7.894% 35 92.10%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 1 2 33 142 93.42% 3 7.894% 35 92.10%
Jumlah
7 2 87 94 648 85.26% 9 4.736% 181 95.26%
100




0
75%
75%
90.13%
92.76%
93.42%
85.26%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 0 4 31 139 91.44% 3 7.894% 35 92.10%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 7 28 136 89.47% 3 7.894% 35 92.10%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 3 32 140 92.10% 3 7.894% 35 92.10%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 5 30 138 90.78% 3 7.894% 35 92.10%
5 Penguasaan materi 3 0 9 26 134 88.15% 3 7.894% 35 92.10%
Jumlah
15 0 28 147 687 90.39% 15 7.894% 175 92.10%
100




0
91.44%
89.47%
92.10%
90.78%
88.15%
90.39%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 5 8 23 128 84.21% 7 18.42% 31 81.57%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 2 4 31 141 92.76% 3 7.894% 35 92.10%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 3 11 22 129 84.86% 5 13.15% 33 86.84%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 5 10 22 129 84.86% 6 15.78% 32 84.21%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
Jumlah
6 15 147 98 869 81.67% 21 7.894% 245 92.10%
100




0
84.21%
92.76%
75%
75%
84.86%
84.86%
75%
81.67%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 5 30 138 90.78% 3 7.894% 35 92.10%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 2 7 26 132 86.84% 5 13.15% 33 86.84%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 2 8 26 134 88.15% 4 10.52% 34 89.47%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 7 28 137 90.13% 3 7.894% 35 92.10%
5 Kedisiplinan 2 3 4 29 136 89.47% 5 13.15% 33 86.84%
Jumlah
12 8 31 139 677 89.07% 20 10.52% 170 89.47%
100




0
90.78%
86.84%
88.15%
90.13%
89.47%
89.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Layanan makanan 4 0 2 32 138 90.78% 4 10.52% 34 89.47%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 3 32 140 92.10% 3 7.894% 35 92.10%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 5 30 138 90.78% 3 7.894% 35 92.10%
5 Keramahan 3 1 4 30 137 90.13% 4 10.52% 34 89.47%
Jumlah
13 1 52 124 667 87.76% 14 7.368% 176 92.63%
100




0
75%
90.78%
92.10%
90.78%
90.13%
87.76%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 0 3 31 137 90.13% 4 10.52% 34 89.47%
2 Transparansi keuangan 3 0 3 32 140 92.10% 3 7.894% 35 92.10%
3 Bebas Pungli 3 0 4 31 139 91.44% 3 7.894% 35 92.10%
4 Bebas gratifikasi 3 0 4 31 139 91.44% 3 7.894% 35 92.10%
Jumlah
13 0 14 125 555 91.28% 13 8.552% 139 91.44%
100




0
90.13%
92.10%
91.44%
91.44%
91.28%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.26%
92.10%
92.10%
89.47%
92.63%
91.44%
92.17%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.17%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005