DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 6 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 10 26 134 93.05% 0 0% 36 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 7 13 13 108 75% 10 27.77% 36 72.22%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 10 25 131 90.97% 1 2.777% 35 97.22%
Jumlah
4 7 105 64 589 81.80% 11 6.111% 169 93.88%
100




0
75%
75%
93.05%
75%
90.97%
81.80%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 12 24 132 91.66% 0 0% 36 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 12 23 130 90.27% 1 2.777% 35 97.22%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 9 26 133 92.36% 1 2.777% 35 97.22%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 9 26 133 92.36% 1 2.777% 35 97.22%
5 Penguasaan materi 0 1 12 23 130 90.27% 1 2.777% 35 97.22%
Jumlah
0 4 54 122 658 91.38% 4 2.222% 176 97.77%
100




0
91.66%
90.27%
92.36%
92.36%
90.27%
91.38%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 24 12 120 83.33% 0 0% 36 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 8 3 19 6 95 65.97% 11 30.55% 25 69.44%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 4 20 12 116 80.55% 4 11.11% 32 88.88%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 23 11 117 81.25% 2 5.555% 34 94.44%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 36 0 0 72 50% 36 100% 0 0%
Jumlah
8 45 158 41 736 73.01% 53 21.03% 199 78.96%
100




0
83.33%
65.97%
75%
75%
80.55%
81.25%
50%
73.01%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 8 28 136 94.44% 0 0% 36 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 4 13 19 123 85.41% 4 11.11% 32 88.88%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 13 23 131 90.97% 0 0% 36 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 12 24 132 91.66% 0 0% 36 100%
5 Kedisiplinan 0 1 7 28 135 93.75% 1 2.777% 35 97.22%
Jumlah
0 5 53 122 657 91.25% 5 2.777% 175 97.22%
100




0
94.44%
85.41%
90.97%
91.66%
93.75%
91.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Layanan makanan 0 1 8 27 134 93.05% 1 2.777% 35 97.22%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 12 24 132 91.66% 0 0% 36 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 10 26 134 93.05% 0 0% 36 100%
5 Keramahan 0 0 8 28 136 94.44% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 1 74 105 644 89.44% 1 0.555% 179 99.44%
100




0
75%
93.05%
91.66%
93.05%
94.44%
89.44%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 8 28 136 94.44% 0 0% 36 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 12 24 132 91.66% 0 0% 36 100%
3 Bebas Pungli 0 0 12 24 132 91.66% 0 0% 36 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 10 26 134 93.05% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 0 42 102 534 92.70% 0 0% 144 100%
100




0
94.44%
91.66%
91.66%
93.05%
92.70%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.88%
97.77%
78.96%
97.22%
99.44%
100%
94.55%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.55%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005