DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 7 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 3 15 51 257 90.49% 5 7.042% 66 92.95%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 5 14 52 260 91.54% 5 7.042% 66 92.95%
3 Kecukupan makanan 2 2 13 54 261 91.90% 4 5.633% 67 94.36%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 0 9 59 266 93.66% 3 4.225% 67 95.77%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 9 59 266 93.66% 3 4.225% 68 95.77%
Jumlah
10 10 60 275 1310 92.25% 20 5.633% 335 94.36%
100




0
90.49%
91.54%
91.90%
93.66%
93.66%
92.25%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 0 8 60 267 94.01% 3 4.225% 68 95.77%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 9 60 269 94.71% 2 2.816% 69 97.18%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 8 61 270 95.07% 2 2.816% 69 97.18%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 9 60 269 94.71% 2 2.816% 69 97.18%
5 Penguasaan materi 2 0 9 60 269 94.71% 2 2.816% 69 97.18%
Jumlah
11 0 43 301 1344 94.64% 11 3.098% 344 96.90%
100




0
94.01%
94.71%
95.07%
94.71%
94.71%
94.64%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 9 60 269 94.71% 2 2.816% 69 97.18%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 3 12 53 257 90.49% 6 8.450% 65 91.54%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 0 10 59 268 94.36% 2 2.816% 69 97.18%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 3 15 50 254 89.43% 6 8.450% 65 91.54%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 2 17 50 257 90.49% 4 5.633% 67 94.36%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 1 12 56 264 92.95% 3 4.225% 68 95.77%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 0 13 56 265 93.30% 2 2.816% 69 97.18%
Jumlah
16 9 88 384 1834 92.25% 25 5.030% 472 94.96%
100




0
94.71%
90.49%
94.36%
89.43%
90.49%
92.95%
93.30%
92.25%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 1 8 60 268 94.36% 3 4.225% 68 95.77%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 12 57 266 93.66% 2 2.816% 69 97.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 0 12 57 266 93.66% 2 2.816% 69 97.18%
4 Kelancaran proses asessment 2 0 9 60 269 94.71% 2 2.816% 69 97.18%
5 Kedisiplinan 2 0 9 60 269 94.71% 2 2.816% 69 97.18%
Jumlah
10 1 50 294 1338 94.22% 11 3.098% 344 96.90%
100




0
94.36%
93.66%
93.66%
94.71%
94.71%
94.22%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 0 8 61 270 95.07% 2 2.816% 69 97.18%
2 Layanan makanan 2 2 14 53 260 91.54% 4 5.633% 67 94.36%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 7 62 271 95.42% 2 2.816% 69 97.18%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 6 63 272 95.77% 2 2.816% 69 97.18%
5 Keramahan 2 0 7 62 271 95.42% 2 2.816% 69 97.18%
Jumlah
10 2 42 301 1344 94.64% 12 3.380% 343 96.61%
100




0
95.07%
91.54%
95.42%
95.77%
95.42%
94.64%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 1 6 61 267 94.01% 4 5.633% 67 94.36%
2 Transparansi keuangan 4 0 7 60 265 93.30% 4 5.633% 67 94.36%
3 Bebas Pungli 4 0 6 61 266 93.66% 4 5.633% 67 94.36%
4 Bebas gratifikasi 4 0 7 60 265 93.30% 4 5.633% 67 94.36%
Jumlah
15 1 26 242 1063 93.57% 16 5.633% 268 94.36%
100




0
94.01%
93.30%
93.66%
93.30%
93.57%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.36%
96.90%
94.96%
96.90%
96.61%
94.36%
95.68%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.68%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005