DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 7 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
3 Kecukupan makanan 3 5 4 9 61 72.61% 8 38.09% 13 61.90%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 4 9 8 67 79.76% 4 19.04% 13 80.95%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 9 11 73 86.90% 1 4.761% 20 95.23%
Jumlah
3 10 64 28 327 77.85% 13 12.38% 92 87.61%
100




0
75%
75%
72.61%
79.76%
86.90%
77.85%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 1 2 17 77 91.66% 2 9.523% 19 90.47%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 3 18 81 96.42% 0 0% 21 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 3 18 81 96.42% 0 0% 21 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 17 80 95.23% 0 0% 21 100%
5 Penguasaan materi 0 0 2 19 82 97.61% 0 0% 21 100%
Jumlah
1 1 14 89 401 95.47% 2 1.904% 103 98.09%
100




0
91.66%
96.42%
96.42%
95.23%
97.61%
95.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 1 9 9 67 79.76% 3 14.28% 18 85.71%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 9 10 71 84.52% 2 9.523% 19 90.47%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 8 11 72 85.71% 2 9.523% 19 90.47%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 2 8 9 66 78.57% 4 19.04% 17 80.95%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
Jumlah
4 7 97 39 465 79.08% 11 7.482% 136 92.51%
100




0
79.76%
84.52%
75%
75%
85.71%
78.57%
75%
79.08%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 4 17 80 95.23% 0 0% 21 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 7 13 75 89.28% 1 4.761% 20 95.23%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 5 16 79 94.04% 0 0% 21 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 7 14 77 91.66% 0 0% 21 100%
5 Kedisiplinan 0 0 4 17 80 95.23% 0 0% 21 100%
Jumlah
0 1 27 77 391 93.09% 1 0.952% 104 99.04%
100




0
95.23%
89.28%
94.04%
91.66%
95.23%
93.09%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
2 Layanan makanan 5 4 5 7 56 66.66% 9 42.85% 12 57.14%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 7 13 75 89.28% 1 4.761% 20 95.23%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 14 77 91.66% 0 0% 21 100%
5 Keramahan 0 0 2 19 82 97.61% 0 0% 21 100%
Jumlah
5 5 42 53 353 84.04% 10 9.523% 95 90.47%
100




0
75%
66.66%
89.28%
91.66%
97.61%
84.04%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 1 6 11 67 79.76% 4 19.04% 17 80.95%
2 Transparansi keuangan 1 2 7 11 70 83.33% 3 14.28% 18 85.71%
3 Bebas Pungli 1 1 8 11 71 84.52% 2 9.523% 19 90.47%
4 Bebas gratifikasi 0 2 7 12 73 86.90% 2 9.523% 19 90.47%
Jumlah
5 6 28 45 281 83.63% 11 13.09% 73 86.90%
100




0
79.76%
83.33%
84.52%
86.90%
83.63%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
87.61%
98.09%
92.51%
99.04%
90.47%
86.90%
92.44%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.44%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005