DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 7 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 6 29 136 94.44% 1 2.777% 35 97.22%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 9 26 133 92.36% 1 2.777% 35 97.22%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 6 28 134 93.05% 2 5.555% 34 94.44%
Jumlah
0 4 93 83 619 85.97% 4 2.222% 176 97.77%
100




0
75%
75%
94.44%
92.36%
93.05%
85.97%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 5 30 137 95.13% 1 2.777% 35 97.22%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 5 31 139 96.52% 0 0% 36 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 32 140 97.22% 0 0% 36 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 6 30 138 95.83% 0 0% 36 100%
5 Penguasaan materi 0 0 4 32 140 97.22% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 1 24 155 694 96.38% 1 0.555% 179 99.44%
100




0
95.13%
96.52%
97.22%
95.83%
97.22%
96.38%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 8 27 134 93.05% 1 2.777% 35 97.22%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 5 7 24 127 88.19% 5 13.88% 31 86.11%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 5 8 23 126 87.5% 5 13.88% 31 86.11%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 7 29 137 95.13% 0 0% 36 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 36 0 0 72 50% 36 100% 0 0%
Jumlah
0 47 102 103 812 80.55% 47 18.65% 205 81.34%
100




0
93.05%
88.19%
75%
75%
87.5%
95.13%
50%
80.55%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 5 31 139 96.52% 0 0% 36 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 8 26 132 91.66% 2 5.555% 34 94.44%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 6 29 136 94.44% 1 2.777% 35 97.22%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 7 29 137 95.13% 0 0% 36 100%
5 Kedisiplinan 0 0 6 30 138 95.83% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 3 32 145 682 94.72% 3 1.666% 177 98.33%
100




0
96.52%
91.66%
94.44%
95.13%
95.83%
94.72%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Layanan makanan 0 1 3 32 139 96.52% 1 2.777% 35 97.22%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 6 29 136 94.44% 1 2.777% 35 97.22%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 29 137 95.13% 0 0% 36 100%
5 Keramahan 0 0 6 30 138 95.83% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 2 58 120 658 91.38% 2 1.111% 178 98.88%
100




0
75%
96.52%
94.44%
95.13%
95.83%
91.38%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 9 27 135 93.75% 0 0% 36 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 10 26 134 93.05% 0 0% 36 100%
3 Bebas Pungli 0 0 8 28 136 94.44% 0 0% 36 100%
4 Bebas gratifikasi 0 1 6 29 136 94.44% 1 2.777% 35 97.22%
Jumlah
0 1 33 110 541 93.92% 1 0.694% 143 99.30%
100




0
93.75%
93.05%
94.44%
94.44%
93.92%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.77%
99.44%
81.34%
98.33%
98.88%
99.30%
95.84%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.84%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005