DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 8 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 7 1 14 30 171 82.21% 8 15.38% 44 84.61%
2 Perlengkapan kamar tidur 7 1 15 29 170 81.73% 8 15.38% 44 84.61%
3 Kecukupan makanan 3 1 7 41 190 91.34% 4 7.692% 48 92.30%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 1 12 36 185 88.94% 4 7.692% 48 92.30%
5 Kelancaran penerangan Listrik 5 1 11 35 180 86.53% 6 11.53% 46 88.46%
Jumlah
25 5 59 171 896 86.15% 30 11.53% 230 88.46%
100




0
82.21%
81.73%
91.34%
88.94%
86.53%
86.15%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 1 13 35 184 88.46% 4 7.692% 48 92.30%
2 Penggunaan metode mengajar 4 0 17 31 179 86.05% 4 7.692% 48 92.30%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 1 14 34 183 87.98% 4 7.692% 48 92.30%
4 Penggunaan media pembelajaran 4 0 18 30 178 85.57% 4 7.692% 48 92.30%
5 Penguasaan materi 4 0 13 35 183 87.98% 4 7.692% 48 92.30%
Jumlah
18 2 75 165 907 87.21% 20 7.692% 240 92.30%
100




0
88.46%
86.05%
87.98%
85.57%
87.98%
87.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 1 17 31 180 86.53% 4 7.692% 48 92.30%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 5 19 23 164 78.84% 10 19.23% 42 80.76%
3 Kebersihan lingkungan kantor 4 2 18 28 174 83.65% 6 11.53% 46 88.46%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 2 17 27 169 81.25% 8 15.38% 44 84.61%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 4 18 27 173 83.17% 7 13.46% 45 86.53%
6 Kenyamanan ruang praktek 5 0 18 29 175 84.13% 5 9.615% 47 90.38%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 4 3 12 33 178 85.57% 7 13.46% 45 86.53%
Jumlah
30 17 119 198 1213 83.31% 47 12.91% 317 87.08%
100




0
86.53%
78.84%
83.65%
81.25%
83.17%
84.13%
85.57%
83.31%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 1 10 37 184 88.46% 5 9.615% 47 90.38%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 5 2 17 28 172 82.69% 7 13.46% 45 86.53%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 4 2 16 30 176 84.61% 6 11.53% 46 88.46%
4 Kelancaran proses asessment 2 3 17 30 179 86.05% 5 9.615% 47 90.38%
5 Kedisiplinan 3 2 13 34 182 87.5% 5 9.615% 47 90.38%
Jumlah
18 10 73 159 893 85.86% 28 10.76% 232 89.23%
100




0
88.46%
82.69%
84.61%
86.05%
87.5%
85.86%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 4 1 16 31 178 85.57% 5 9.615% 47 90.38%
2 Layanan makanan 4 0 8 40 188 90.38% 4 7.692% 48 92.30%
3 Layanan panitia kegiatan 3 2 8 39 187 89.90% 5 9.615% 47 90.38%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 1 10 37 184 88.46% 5 9.615% 47 90.38%
5 Keramahan 4 1 5 42 189 90.86% 5 9.615% 47 90.38%
Jumlah
19 5 47 189 926 89.03% 24 9.230% 236 90.76%
100




0
85.57%
90.38%
89.90%
88.46%
90.86%
89.03%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 3 10 37 186 89.42% 5 9.615% 47 90.38%
2 Transparansi keuangan 6 0 8 38 182 87.5% 6 11.53% 46 88.46%
3 Bebas Pungli 5 0 9 38 184 88.46% 5 9.615% 47 90.38%
4 Bebas gratifikasi 5 1 8 38 183 87.98% 6 11.53% 46 88.46%
Jumlah
18 4 35 151 735 88.34% 22 10.57% 186 89.42%
100




0
89.42%
87.5%
88.46%
87.98%
88.34%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
88.46%
92.30%
87.08%
89.23%
90.76%
89.42%
89.54%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 89.54%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005