DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 8 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 2 17 74 97.36% 0 0% 19 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 0 41 54 339 89.21% 0 0% 95 100%
100




0
75%
75%
100%
97.36%
98.68%
89.21%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 2 17 74 97.36% 0 0% 19 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
5 Penguasaan materi 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 0 3 92 377 99.21% 0 0% 95 100%
100




0
100%
97.36%
100%
100%
98.68%
99.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 3 16 73 96.05% 0 0% 19 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 2 17 0 55 72.36% 2 10.52% 17 89.47%
Jumlah
0 2 61 70 467 87.78% 2 1.503% 131 98.49%
100




0
98.68%
96.05%
75%
75%
98.68%
98.68%
72.36%
87.78%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 3 16 73 96.05% 0 0% 19 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
5 Kedisiplinan 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 0 6 89 374 98.42% 0 0% 95 100%
100




0
100%
98.68%
96.05%
98.68%
98.68%
98.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
2 Layanan makanan 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
5 Keramahan 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 0 22 73 358 94.21% 0 0% 95 100%
100




0
75%
98.68%
98.68%
98.68%
100%
94.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 0 18 73 96.05% 1 5.263% 18 94.73%
2 Transparansi keuangan 1 0 1 17 72 94.73% 1 5.263% 18 94.73%
3 Bebas Pungli 1 0 0 18 73 96.05% 1 5.263% 18 94.73%
4 Bebas gratifikasi 1 0 1 17 72 94.73% 1 5.263% 18 94.73%
Jumlah
4 0 2 70 290 95.39% 4 5.263% 72 94.73%
100




0
96.05%
94.73%
96.05%
94.73%
95.39%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
98.49%
100%
100%
94.73%
98.87%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 98.87%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005