DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 8 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
3 Kecukupan makanan 1 0 4 33 145 95.39% 1 2.631% 37 97.36%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 5 14 18 125 82.23% 6 15.78% 37 84.21%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 8 29 141 92.76% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
3 5 102 80 639 84.07% 8 4.210% 182 95.78%
100




0
75%
75%
95.39%
82.23%
92.76%
84.07%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 1 5 31 142 93.42% 2 5.263% 36 94.73%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 7 29 140 92.10% 2 5.263% 36 94.73%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 5 32 144 94.73% 1 2.631% 37 97.36%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 3 4 30 139 91.44% 4 10.52% 34 89.47%
5 Penguasaan materi 1 1 6 30 141 92.76% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
5 6 27 152 706 92.89% 11 5.789% 179 94.21%
100




0
93.42%
92.10%
94.73%
91.44%
92.76%
92.89%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 3 10 24 133 87.5% 4 10.52% 34 89.47%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 3 11 23 132 86.84% 4 10.52% 34 89.47%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 4 11 22 130 85.52% 5 13.15% 33 86.84%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 3 12 22 131 86.18% 4 10.52% 34 89.47%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 38 0 0 76 50% 38 100% 0 0%
Jumlah
4 51 120 91 830 78.00% 55 20.67% 211 79.32%
100




0
87.5%
86.84%
75%
75%
85.52%
86.18%
50%
78.00%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 4 33 145 95.39% 1 2.631% 37 97.36%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 4 6 27 135 88.81% 5 13.15% 33 86.84%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 6 31 143 94.07% 1 2.631% 37 97.36%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 8 29 141 92.76% 1 2.631% 37 97.36%
5 Kedisiplinan 1 0 9 28 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
5 4 33 148 704 92.63% 9 4.736% 181 95.26%
100




0
95.39%
88.81%
94.07%
92.76%
92.10%
92.63%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Layanan makanan 1 0 6 31 143 94.07% 1 2.631% 37 97.36%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 7 30 142 93.42% 1 2.631% 37 97.36%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 5 32 144 94.73% 1 2.631% 37 97.36%
5 Keramahan 1 0 6 31 143 94.07% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
4 0 62 124 686 90.26% 4 2.105% 186 97.89%
100




0
75%
94.07%
93.42%
94.73%
94.07%
90.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 1 36 148 97.36% 1 2.631% 37 97.36%
2 Transparansi keuangan 1 0 5 32 144 94.73% 1 2.631% 37 97.36%
3 Bebas Pungli 1 0 2 35 147 96.71% 1 2.631% 37 97.36%
4 Bebas gratifikasi 1 0 5 32 144 94.73% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
4 0 13 135 583 95.88% 4 2.631% 148 97.36%
100




0
97.36%
94.73%
96.71%
94.73%
95.88%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.78%
94.21%
79.32%
95.26%
97.89%
97.36%
93.30%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.30%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005