DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 9 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 0 18 45 235 91.79% 1 1.562% 63 98.43%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 4 22 37 223 87.10% 5 7.812% 59 92.18%
3 Kecukupan makanan 1 0 13 50 240 93.75% 1 1.562% 63 98.43%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 0 12 51 241 94.14% 1 1.562% 63 98.43%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 13 50 240 93.75% 1 1.562% 63 98.43%
Jumlah
5 4 78 233 1179 92.10% 9 2.812% 311 97.18%
100




0
91.79%
87.10%
93.75%
94.14%
93.75%
92.10%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 0 14 49 239 93.35% 1 1.562% 63 98.43%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 17 45 234 91.40% 2 3.125% 62 96.87%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 16 47 237 92.57% 1 1.562% 63 98.43%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 17 46 236 92.18% 1 1.562% 63 98.43%
5 Penguasaan materi 1 0 16 47 237 92.57% 1 1.562% 63 98.43%
Jumlah
5 1 80 234 1183 92.42% 6 1.875% 314 98.12%
100




0
93.35%
91.40%
92.57%
92.18%
92.57%
92.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 13 50 240 93.75% 1 1.562% 63 98.43%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 2 20 41 229 89.45% 3 4.687% 61 95.31%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 0 17 46 236 92.18% 1 1.562% 63 98.43%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 2 23 34 214 83.59% 7 10.93% 57 89.06%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 19 43 232 90.62% 2 3.125% 62 96.87%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 2 16 45 233 91.01% 3 4.687% 61 95.31%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 0 17 46 236 92.18% 1 1.562% 63 98.43%
Jumlah
11 7 125 305 1620 90.40% 18 4.017% 430 95.98%
100




0
93.75%
89.45%
92.18%
83.59%
90.62%
91.01%
92.18%
90.40%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 16 47 237 92.57% 1 1.562% 63 98.43%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 15 46 234 91.40% 3 4.687% 61 95.31%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 18 45 235 91.79% 1 1.562% 63 98.43%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 17 46 236 92.18% 1 1.562% 63 98.43%
5 Kedisiplinan 1 0 18 45 235 91.79% 1 1.562% 63 98.43%
Jumlah
5 2 84 229 1177 91.95% 7 2.187% 313 97.81%
100




0
92.57%
91.40%
91.79%
92.18%
91.79%
91.95%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 0 17 46 236 92.18% 1 1.562% 63 98.43%
2 Layanan makanan 1 0 13 50 240 93.75% 1 1.562% 63 98.43%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 14 49 239 93.35% 1 1.562% 63 98.43%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 13 50 240 93.75% 1 1.562% 63 98.43%
5 Keramahan 1 0 12 51 241 94.14% 1 1.562% 63 98.43%
Jumlah
5 0 69 246 1196 93.43% 5 1.562% 315 98.43%
100




0
92.18%
93.75%
93.35%
93.75%
94.14%
93.43%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 13 49 237 92.57% 2 3.125% 62 96.87%
2 Transparansi keuangan 2 0 14 48 236 92.18% 2 3.125% 62 96.87%
3 Bebas Pungli 2 0 14 48 236 92.18% 2 3.125% 62 96.87%
4 Bebas gratifikasi 3 0 14 47 233 91.01% 3 4.687% 61 95.31%
Jumlah
9 0 55 192 942 91.99% 9 3.515% 247 96.48%
100




0
92.57%
92.18%
92.18%
91.01%
91.99%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.18%
98.12%
95.98%
97.81%
98.43%
96.48%
97.33%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.33%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005