DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 9 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
3 Kecukupan makanan 0 2 13 18 115 87.12% 2 6.060% 31 93.93%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 6 8 14 5 84 63.63% 14 42.42% 31 57.57%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 4 11 17 110 83.33% 5 15.15% 28 84.84%
Jumlah
7 14 104 40 507 76.81% 21 12.72% 144 87.27%
100




0
75%
75%
87.12%
63.63%
83.33%
76.81%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 2 18 12 107 81.06% 3 9.090% 30 90.90%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 15 18 117 88.63% 0 0% 33 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 15 18 117 88.63% 0 0% 33 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 18 13 110 83.33% 2 6.060% 31 93.93%
5 Penguasaan materi 0 0 13 20 119 90.15% 0 0% 33 100%
Jumlah
1 4 79 81 570 86.36% 5 3.030% 160 96.96%
100




0
81.06%
88.63%
88.63%
83.33%
90.15%
86.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 9 17 7 97 73.48% 9 27.27% 24 72.72%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 12 16 4 89 67.42% 13 39.39% 20 60.60%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 6 16 11 104 78.78% 6 18.18% 27 81.81%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 9 13 10 98 74.24% 10 30.30% 23 69.69%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
Jumlah
2 36 161 32 685 74.13% 38 16.45% 193 83.54%
100




0
73.48%
67.42%
75%
75%
78.78%
74.24%
75%
74.13%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 18 15 114 86.36% 0 0% 33 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 16 15 112 84.84% 2 6.060% 31 93.93%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 19 12 109 82.57% 2 6.060% 31 93.93%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 19 13 110 83.33% 1 3.030% 32 96.96%
5 Kedisiplinan 0 4 18 11 106 80.30% 4 12.12% 29 87.87%
Jumlah
1 8 90 66 551 83.48% 9 5.454% 156 94.54%
100




0
86.36%
84.84%
82.57%
83.33%
80.30%
83.48%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Layanan makanan 0 1 16 16 114 86.36% 1 3.030% 32 96.96%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 11 21 119 90.15% 1 3.030% 32 96.96%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 14 18 116 87.87% 1 3.030% 32 96.96%
5 Keramahan 0 1 9 23 121 91.66% 1 3.030% 32 96.96%
Jumlah
0 4 83 78 569 86.21% 4 2.424% 161 97.57%
100




0
75%
86.36%
90.15%
87.87%
91.66%
86.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 15 16 112 84.84% 2 6.060% 31 93.93%
2 Transparansi keuangan 2 0 15 16 111 84.09% 2 6.060% 31 93.93%
3 Bebas Pungli 1 0 17 15 112 84.84% 1 3.030% 32 96.96%
4 Bebas gratifikasi 1 0 16 16 113 85.60% 1 3.030% 32 96.96%
Jumlah
5 1 63 63 448 84.84% 6 4.545% 126 95.45%
100




0
84.84%
84.09%
84.84%
85.60%
84.84%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
87.27%
96.96%
83.54%
94.54%
97.57%
95.45%
92.56%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.56%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005