DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 9 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
3 Kecukupan makanan 15 5 0 12 73 57.03% 20 62.5% 12 37.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 1 3 24 111 86.71% 5 15.62% 12 84.37%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 1 29 121 94.53% 2 6.25% 30 93.75%
Jumlah
21 6 68 65 497 77.65% 27 16.87% 133 83.12%
100




0
75%
75%
57.03%
86.71%
94.53%
77.65%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 0 32 128 100% 0 0% 32 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 0 31 125 97.65% 1 3.125% 31 96.87%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 0 30 122 95.31% 2 6.25% 30 93.75%
5 Penguasaan materi 0 0 0 32 128 100% 0 0% 32 100%
Jumlah
3 0 1 156 630 98.43% 3 1.875% 157 98.12%
100




0
99.21%
100%
97.65%
95.31%
100%
98.43%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 0 4 24 112 87.5% 4 12.5% 28 87.5%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 1 1 27 116 90.62% 4 12.5% 28 87.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 0 2 29 123 96.09% 1 3.125% 31 96.87%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 32 0 0 64 50% 32 100% 0 0%
Jumlah
8 33 72 111 734 81.91% 41 18.30% 183 81.69%
100




0
99.21%
87.5%
75%
75%
90.62%
96.09%
50%
81.91%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 0 30 122 95.31% 2 6.25% 30 93.75%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 1 2 28 121 94.53% 2 6.25% 30 93.75%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
5 Kedisiplinan 0 0 2 30 126 98.43% 0 0% 32 100%
Jumlah
3 1 6 150 623 97.34% 4 2.5% 156 97.5%
100




0
95.31%
94.53%
99.21%
99.21%
98.43%
97.34%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
2 Layanan makanan 13 2 2 15 83 64.84% 15 46.87% 17 53.12%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 3 29 125 97.65% 0 0% 32 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
5 Keramahan 0 0 0 32 128 100% 0 0% 32 100%
Jumlah
13 2 38 107 559 87.34% 15 9.375% 145 90.62%
100




0
75%
64.84%
97.65%
99.21%
100%
87.34%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 0 32 128 100% 0 0% 32 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
3 Bebas Pungli 0 0 0 32 128 100% 0 0% 32 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 0 32 128 100% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 0 1 127 511 99.80% 0 0% 128 100%
100




0
100%
99.21%
100%
100%
99.80%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
83.12%
98.12%
81.69%
97.5%
90.62%
100%
91.84%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.84%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005