DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN IKAN TUNA ANGKATAN 1 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 6 29 30 224 80% 11 15.71% 59 84.28%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 7 30 29 224 80% 11 15.71% 59 84.28%
3 Kecukupan makanan 6 0 15 49 247 88.21% 6 8.571% 64 91.42%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 2 20 44 244 87.14% 6 8.571% 64 91.42%
5 Kelancaran penerangan Listrik 4 1 18 47 248 88.57% 5 7.142% 65 92.85%
Jumlah
23 16 112 199 1187 84.78% 39 11.14% 311 88.85%
100




0
80%
80%
88.21%
87.14%
88.57%
84.78%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720007 5 2 19 44 242 86.42% 7 10% 63 90%
2 Penggunaan metode mengajar 5 3 15 47 244 87.14% 8 11.42% 62 88.57%
3 Keterampilan & berkomunikasi 5 3 14 48 245 87.5% 8 11.42% 62 88.57%
4 Penggunaan media pembelajaran 6 4 13 47 241 86.07% 10 14.28% 60 85.71%
5 Penguasaan materi 5 4 14 47 243 86.78% 9 12.85% 61 87.14%
Jumlah
26 16 75 233 1215 86.78% 42 12% 308 88%
100




0
86.42%
87.14%
87.5%
86.07%
86.78%
86.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 5 3 18 44 241 86.07% 8 11.42% 62 88.57%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 1 23 41 240 85.71% 6 8.571% 64 91.42%
3 Kebersihan lingkungan kantor 4 2 16 48 248 88.57% 6 8.571% 64 91.42%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 7 25 35 232 82.85% 10 14.28% 60 85.71%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 4 22 41 241 86.07% 7 10% 63 90%
6 Kenyamanan ruang praktek 5 2 20 43 241 86.07% 7 10% 63 90%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 1 18 46 245 87.5% 6 8.571% 64 91.42%
Jumlah
30 20 142 298 1688 86.12% 50 10.20% 440 89.79%
100




0
86.07%
85.71%
88.57%
82.85%
86.07%
86.07%
87.5%
86.12%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 3 17 46 245 87.5% 7 10% 63 90%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 5 2 17 46 244 87.14% 7 10% 63 90%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 3 20 44 245 87.5% 6 8.571% 64 91.42%
4 Kelancaran proses asessment 5 1 22 42 241 86.07% 6 8.571% 64 91.42%
5 Kedisiplinan 6 0 19 45 243 86.78% 6 8.571% 64 91.42%
Jumlah
23 9 95 223 1218 87% 32 9.142% 318 90.85%
100




0
87.5%
87.14%
87.5%
86.07%
86.78%
87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 5 4 22 39 235 83.92% 9 12.85% 61 87.14%
2 Layanan makanan 6 0 13 51 249 88.92% 6 8.571% 64 91.42%
3 Layanan panitia kegiatan 6 1 15 48 245 87.5% 7 10% 63 90%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 2 20 44 244 87.14% 6 8.571% 64 91.42%
5 Keramahan 6 0 14 50 248 88.57% 6 8.571% 64 91.42%
Jumlah
27 7 84 232 1221 87.21% 34 9.714% 316 90.28%
100




0
83.92%
88.92%
87.5%
87.14%
88.57%
87.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 4 18 44 242 86.42% 8 11.42% 62 88.57%
2 Transparansi keuangan 5 2 19 44 242 86.42% 7 10% 63 90%
3 Bebas Pungli 4 2 18 46 246 87.85% 6 8.571% 64 91.42%
4 Bebas gratifikasi 4 3 19 44 243 86.78% 7 10% 63 90%
Jumlah
17 11 74 178 973 86.87% 28 10% 252 90%
100




0
86.42%
86.42%
87.85%
86.78%
86.87%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
88.85%
88%
89.79%
90.85%
90.28%
90%
89.63%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 89.63%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005