DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN IKAN TUNA ANGKATAN 3 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 13 0 6 55 251 84.79% 13 17.56% 61 82.43%
2 Perlengkapan kamar tidur 12 1 5 56 253 85.47% 13 17.56% 61 82.43%
3 Kecukupan makanan 3 0 0 71 287 96.95% 3 4.054% 71 95.94%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
Jumlah
34 1 13 322 1363 92.09% 35 9.459% 335 90.54%
100




0
84.79%
85.47%
96.95%
96.62%
96.62%
92.09%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720007 3 0 3 68 284 95.94% 3 4.054% 71 95.94%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
5 Penguasaan materi 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
Jumlah
15 0 10 345 1425 96.28% 15 4.054% 355 95.94%
100




0
95.94%
96.28%
96.62%
96.28%
96.28%
96.28%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 4 1 6 63 276 93.24% 5 6.756% 69 93.24%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
Jumlah
22 1 17 478 1987 95.89% 23 4.440% 495 95.55%
100




0
96.28%
96.28%
96.62%
93.24%
96.28%
96.28%
96.28%
95.89%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
4 Kelancaran proses asessment 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
5 Kedisiplinan 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
Jumlah
15 0 8 347 1427 96.41% 15 4.054% 355 95.94%
100




0
96.28%
96.28%
96.28%
96.62%
96.62%
96.41%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 0 3 68 284 95.94% 3 4.054% 71 95.94%
2 Layanan makanan 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 2 69 285 96.28% 3 4.054% 71 95.94%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
5 Keramahan 3 0 1 70 286 96.62% 3 4.054% 71 95.94%
Jumlah
15 0 9 346 1426 96.35% 15 4.054% 355 95.94%
100




0
95.94%
96.28%
96.28%
96.62%
96.62%
96.35%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 0 1 69 283 95.60% 4 5.405% 70 94.59%
2 Transparansi keuangan 3 1 1 69 284 95.94% 4 5.405% 70 94.59%
3 Bebas Pungli 4 0 1 69 283 95.60% 4 5.405% 70 94.59%
4 Bebas gratifikasi 4 0 1 69 283 95.60% 4 5.405% 70 94.59%
Jumlah
15 1 4 276 1133 95.69% 16 5.405% 280 94.59%
100




0
95.60%
95.94%
95.60%
95.60%
95.69%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.54%
95.94%
95.55%
95.94%
95.94%
94.59%
94.75%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.75%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005