DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN IKAN TUNA ANGKATAN 4 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 4 16 0 58 65.90% 6 27.27% 16 72.72%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 3 16 1 60 68.18% 5 22.72% 17 77.27%
3 Kecukupan makanan 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 15 4 65 73.86% 3 13.63% 18 86.36%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 1 13 6 67 76.13% 3 13.63% 19 86.36%
Jumlah
10 11 75 14 313 71.13% 21 19.09% 89 80.90%
100




0
65.90%
68.18%
71.59%
73.86%
76.13%
71.13%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720007 2 2 16 2 62 70.45% 4 18.18% 18 81.81%
2 Penggunaan metode mengajar 2 2 13 5 65 73.86% 4 18.18% 18 81.81%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 2 12 6 66 75% 4 18.18% 18 81.81%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 2 14 4 64 72.72% 4 18.18% 18 81.81%
5 Penguasaan materi 2 2 12 6 66 75% 4 18.18% 18 81.81%
Jumlah
10 10 67 23 323 73.40% 20 18.18% 90 81.81%
100




0
70.45%
73.86%
75%
72.72%
75%
73.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 3 13 4 63 71.59% 5 22.72% 17 77.27%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 3 12 5 64 72.72% 5 22.72% 17 77.27%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 7 9 3 56 63.63% 10 45.45% 12 54.54%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 3 12 3 58 65.90% 7 31.81% 15 68.18%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 1 15 3 62 70.45% 4 18.18% 18 81.81%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 2 14 3 61 69.31% 5 22.72% 17 77.27%
Jumlah
19 21 90 24 427 69.31% 40 25.97% 114 74.02%
100




0
71.59%
71.59%
72.72%
63.63%
65.90%
70.45%
69.31%
69.31%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 3 14 3 62 70.45% 5 22.72% 17 77.27%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 2 14 4 64 72.72% 4 18.18% 18 81.81%
4 Kelancaran proses asessment 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
5 Kedisiplinan 2 1 15 4 65 73.86% 3 13.63% 19 86.36%
Jumlah
10 10 73 17 317 72.04% 20 18.18% 90 81.81%
100




0
71.59%
70.45%
72.72%
71.59%
73.86%
72.04%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
2 Layanan makanan 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
3 Layanan panitia kegiatan 2 2 14 4 64 72.72% 4 18.18% 18 81.81%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 3 14 3 62 70.45% 5 22.72% 17 77.27%
5 Keramahan 2 1 16 3 64 72.72% 3 13.63% 19 86.36%
Jumlah
10 10 74 16 316 71.81% 20 18.18% 90 81.81%
100




0
71.59%
71.59%
72.72%
70.45%
72.72%
71.81%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 2 16 2 62 70.45% 4 18.18% 18 81.81%
2 Transparansi keuangan 2 3 16 1 60 68.18% 5 22.72% 17 77.27%
3 Bebas Pungli 3 2 15 2 60 68.18% 5 22.72% 17 77.27%
4 Bebas gratifikasi 2 2 15 3 63 71.59% 4 18.18% 18 81.81%
Jumlah
9 9 62 8 245 69.60% 18 20.45% 70 79.54%
100




0
70.45%
68.18%
68.18%
71.59%
69.60%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
80.90%
81.81%
74.02%
81.81%
81.81%
79.54%
79.98%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 79.98%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005