DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN IKAN TUNA ANGKATAN 5 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 7 1 15 7 82 68.33% 8 26.66% 22 73.33%
2 Perlengkapan kamar tidur 7 1 15 7 82 68.33% 8 26.66% 22 73.33%
3 Kecukupan makanan 7 1 8 14 89 74.16% 8 26.66% 22 73.33%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 8 0 8 14 88 73.33% 8 26.66% 22 73.33%
5 Kelancaran penerangan Listrik 8 0 7 15 89 74.16% 8 26.66% 22 73.33%
Jumlah
37 3 53 57 430 71.66% 40 26.66% 110 73.33%
100




0
68.33%
68.33%
74.16%
73.33%
74.16%
71.66%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720007 7 1 10 12 87 72.5% 8 26.66% 22 73.33%
2 Penggunaan metode mengajar 7 1 10 12 87 72.5% 8 26.66% 22 73.33%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 1 9 13 88 73.33% 8 26.66% 22 73.33%
4 Penggunaan media pembelajaran 7 1 11 11 86 71.66% 8 26.66% 22 73.33%
5 Penguasaan materi 5 3 8 14 91 75.83% 8 26.66% 22 73.33%
Jumlah
33 7 48 62 439 73.16% 40 26.66% 110 73.33%
100




0
72.5%
72.5%
73.33%
71.66%
75.83%
73.16%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 0 11 12 88 73.33% 7 23.33% 23 76.66%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 0 13 11 89 74.16% 6 20% 24 80%
3 Kebersihan lingkungan kantor 6 0 11 13 91 75.83% 6 20% 24 80%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 1 14 9 86 71.66% 7 23.33% 23 76.66%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 7 0 9 14 90 75% 7 23.33% 23 76.66%
6 Kenyamanan ruang praktek 6 0 11 13 91 75.83% 6 20% 24 80%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 6 0 12 12 90 75% 6 20% 24 80%
Jumlah
44 1 81 84 625 74.40% 45 21.42% 165 78.57%
100




0
73.33%
74.16%
75.83%
71.66%
75%
75.83%
75%
74.40%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 5 2 13 10 88 73.33% 7 23.33% 23 76.66%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 6 1 8 15 92 76.66% 7 23.33% 23 76.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 6 1 11 12 89 74.16% 7 23.33% 23 76.66%
4 Kelancaran proses asessment 6 1 11 12 89 74.16% 7 23.33% 23 76.66%
5 Kedisiplinan 6 1 10 13 90 75% 7 23.33% 23 76.66%
Jumlah
29 6 53 62 448 74.66% 35 23.33% 115 76.66%
100




0
73.33%
76.66%
74.16%
74.16%
75%
74.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 6 1 13 10 87 72.5% 7 23.33% 23 76.66%
2 Layanan makanan 7 0 9 14 90 75% 7 23.33% 23 76.66%
3 Layanan panitia kegiatan 7 0 9 14 90 75% 7 23.33% 23 76.66%
4 Layanan administrasi kegiatan 7 0 11 12 88 73.33% 7 23.33% 23 76.66%
5 Keramahan 7 0 9 14 90 75% 7 23.33% 23 76.66%
Jumlah
34 1 51 64 445 74.16% 35 23.33% 115 76.66%
100




0
72.5%
75%
75%
73.33%
75%
74.16%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 8 0 6 16 90 75% 8 26.66% 22 73.33%
2 Transparansi keuangan 8 0 7 15 89 74.16% 8 26.66% 22 73.33%
3 Bebas Pungli 8 0 6 16 90 75% 8 26.66% 22 73.33%
4 Bebas gratifikasi 8 0 7 15 89 74.16% 8 26.66% 22 73.33%
Jumlah
32 0 26 62 358 74.58% 32 26.66% 88 73.33%
100




0
75%
74.16%
75%
74.16%
74.58%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
73.33%
73.33%
78.57%
76.66%
76.66%
73.33%
75.31%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 75.31%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005