DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN IKAN TUNA ANGKATAN 6 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 4 4 23 38 233 84.42% 8 11.59% 61 88.40%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 3 24 38 234 84.78% 7 10.14% 62 89.85%
3 Kecukupan makanan 3 0 6 60 261 94.56% 3 4.347% 66 95.65%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 1 8 57 257 93.11% 4 5.797% 66 94.20%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 10 56 257 93.11% 3 4.347% 66 95.65%
Jumlah
17 8 71 249 1242 90% 25 7.246% 320 92.75%
100




0
84.42%
84.78%
94.56%
93.11%
93.11%
90%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720007 2 0 14 53 256 92.75% 2 2.898% 67 97.10%
2 Penggunaan metode mengajar 2 1 12 54 256 92.75% 3 4.347% 66 95.65%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 8 58 259 93.84% 3 4.347% 66 95.65%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 12 54 255 92.39% 3 4.347% 66 95.65%
5 Penguasaan materi 3 0 14 52 253 91.66% 3 4.347% 66 95.65%
Jumlah
13 1 60 271 1279 92.68% 14 4.057% 331 95.94%
100




0
92.75%
92.75%
93.84%
92.39%
91.66%
92.68%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 2 18 47 248 89.85% 4 5.797% 65 94.20%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 0 13 53 254 92.02% 3 4.347% 66 95.65%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 8 58 259 93.84% 3 4.347% 66 95.65%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 1 26 39 239 86.59% 4 5.797% 65 94.20%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 0 9 57 258 93.47% 3 4.347% 66 95.65%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 0 7 59 260 94.20% 3 4.347% 66 95.65%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 0 9 57 258 93.47% 3 4.347% 66 95.65%
Jumlah
20 3 90 370 1776 91.92% 23 4.761% 460 95.23%
100




0
89.85%
92.02%
93.84%
86.59%
93.47%
94.20%
93.47%
91.92%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 8 58 259 93.84% 3 4.347% 66 95.65%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 0 8 58 259 93.84% 3 4.347% 66 95.65%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 0 11 55 256 92.75% 3 4.347% 66 95.65%
4 Kelancaran proses asessment 3 0 10 56 257 93.11% 3 4.347% 66 95.65%
5 Kedisiplinan 3 0 10 56 257 93.11% 3 4.347% 66 95.65%
Jumlah
15 0 47 283 1288 93.33% 15 4.347% 330 95.65%
100




0
93.84%
93.84%
92.75%
93.11%
93.11%
93.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 0 19 47 248 89.85% 3 4.347% 66 95.65%
2 Layanan makanan 3 0 5 61 262 94.92% 3 4.347% 66 95.65%
3 Layanan panitia kegiatan 3 1 6 59 259 93.84% 4 5.797% 65 94.20%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 6 60 262 94.92% 3 4.347% 66 95.65%
5 Keramahan 2 1 7 59 261 94.56% 3 4.347% 66 95.65%
Jumlah
13 3 43 286 1292 93.62% 16 4.637% 329 95.36%
100




0
89.85%
94.92%
93.84%
94.92%
94.56%
93.62%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 1 7 56 252 91.30% 6 8.695% 63 91.30%
2 Transparansi keuangan 2 2 9 56 257 93.11% 4 5.797% 65 94.20%
3 Bebas Pungli 4 1 9 55 253 91.66% 5 7.246% 64 92.75%
4 Bebas gratifikasi 3 1 9 56 256 92.75% 4 5.797% 65 94.20%
Jumlah
14 5 34 223 1018 92.21% 19 6.884% 257 93.11%
100




0
91.30%
93.11%
91.66%
92.75%
92.21%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.75%
95.94%
95.23%
95.65%
95.36%
93.11%
94.67%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.67%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005