DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN IKAN TUNA ANGKATAN 7 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 0 13 57 269 93.40% 2 2.777% 70 97.22%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 0 11 59 271 94.09% 2 2.777% 70 97.22%
3 Kecukupan makanan 2 0 3 67 279 96.87% 2 2.777% 70 97.22%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 5 65 277 96.18% 2 2.777% 70 97.22%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 4 66 278 96.52% 2 2.777% 70 97.22%
Jumlah
10 0 36 314 1374 95.41% 10 2.777% 350 97.22%
100




0
93.40%
94.09%
96.87%
96.18%
96.52%
95.41%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720007 2 0 8 62 274 95.13% 2 2.777% 70 97.22%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 7 63 275 95.48% 2 2.777% 70 97.22%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 7 63 275 95.48% 2 2.777% 70 97.22%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 6 64 276 95.83% 2 2.777% 70 97.22%
5 Penguasaan materi 2 0 4 66 278 96.52% 2 2.777% 70 97.22%
Jumlah
10 0 32 318 1378 95.69% 10 2.777% 350 97.22%
100




0
95.13%
95.48%
95.48%
95.83%
96.52%
95.69%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 12 58 270 93.75% 2 2.777% 70 97.22%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 0 11 59 271 94.09% 2 2.777% 70 97.22%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 0 11 59 271 94.09% 2 2.777% 70 97.22%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 0 13 56 266 92.36% 3 4.166% 69 95.83%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 0 5 65 277 96.18% 2 2.777% 70 97.22%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 5 65 277 96.18% 2 2.777% 70 97.22%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 0 6 64 276 95.83% 2 2.777% 70 97.22%
Jumlah
15 0 63 426 1908 94.64% 15 2.976% 489 97.02%
100




0
93.75%
94.09%
94.09%
92.36%
96.18%
96.18%
95.83%
94.64%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 4 66 278 96.52% 2 2.777% 70 97.22%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 6 64 276 95.83% 2 2.777% 70 97.22%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 0 9 61 273 94.79% 2 2.777% 70 97.22%
4 Kelancaran proses asessment 2 0 9 61 273 94.79% 2 2.777% 70 97.22%
5 Kedisiplinan 2 0 10 60 272 94.44% 2 2.777% 70 97.22%
Jumlah
10 0 38 312 1372 95.27% 10 2.777% 350 97.22%
100




0
96.52%
95.83%
94.79%
94.79%
94.44%
95.27%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 0 11 59 271 94.09% 2 2.777% 70 97.22%
2 Layanan makanan 2 0 2 68 280 97.22% 2 2.777% 70 97.22%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 5 65 277 96.18% 2 2.777% 70 97.22%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 4 66 278 96.52% 2 2.777% 70 97.22%
5 Keramahan 2 0 4 66 278 96.52% 2 2.777% 70 97.22%
Jumlah
10 0 26 324 1384 96.11% 10 2.777% 350 97.22%
100




0
94.09%
97.22%
96.18%
96.52%
96.52%
96.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 2 67 277 96.18% 3 4.166% 69 95.83%
2 Transparansi keuangan 2 0 3 67 279 96.87% 2 2.777% 70 97.22%
3 Bebas Pungli 3 0 2 67 277 96.18% 3 4.166% 69 95.83%
4 Bebas gratifikasi 3 0 2 67 277 96.18% 3 4.166% 69 95.83%
Jumlah
11 0 9 268 1110 96.35% 11 3.819% 277 96.18%
100




0
96.18%
96.87%
96.18%
96.18%
96.35%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.22%
97.22%
97.02%
97.22%
97.22%
96.18%
97.01%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.01%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005