DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 1 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 11 3 12 27 161 75.94% 14 26.41% 39 73.58%
2 Perlengkapan kamar tidur 12 3 16 22 154 72.64% 15 28.30% 38 71.69%
3 Kecukupan makanan 12 2 11 28 161 75.94% 14 26.41% 39 73.58%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 12 3 12 26 158 74.52% 15 28.30% 39 71.69%
5 Kelancaran penerangan Listrik 13 0 10 30 163 76.88% 13 24.52% 40 75.47%
Jumlah
60 11 61 133 797 75.18% 71 26.79% 194 73.20%
100




0
75.94%
72.64%
75.94%
74.52%
76.88%
75.18%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 12 2 8 31 164 77.35% 14 26.41% 39 73.58%
2 Penggunaan metode mengajar 12 2 8 31 164 77.35% 14 26.41% 39 73.58%
3 Keterampilan & berkomunikasi 13 0 6 34 167 78.77% 13 24.52% 40 75.47%
4 Penggunaan media pembelajaran 12 2 8 31 164 77.35% 14 26.41% 39 73.58%
5 Penguasaan materi 13 1 6 33 165 77.83% 14 26.41% 39 73.58%
Jumlah
62 7 36 160 824 77.73% 69 26.03% 196 73.96%
100




0
77.35%
77.35%
78.77%
77.35%
77.83%
77.73%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 11 3 8 31 165 77.83% 14 26.41% 39 73.58%
2 Kebersihan Toilet (WC) 11 3 9 30 164 77.35% 14 26.41% 39 73.58%
3 Kebersihan lingkungan kantor 12 1 7 33 167 78.77% 13 24.52% 40 75.47%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 13 3 13 24 154 72.64% 16 30.18% 37 69.81%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 12 2 9 30 163 76.88% 14 26.41% 39 73.58%
6 Kenyamanan ruang praktek 14 2 8 29 158 74.52% 16 30.18% 37 69.81%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 11 3 10 29 163 76.88% 14 26.41% 39 73.58%
Jumlah
84 17 64 206 1134 76.41% 101 27.22% 270 72.77%
100




0
77.83%
77.35%
78.77%
72.64%
76.88%
74.52%
76.88%
76.41%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 12 2 9 30 163 76.88% 14 26.41% 39 73.58%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 13 3 8 29 159 75% 16 30.18% 37 69.81%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 12 2 10 29 162 76.41% 14 26.41% 39 73.58%
4 Kelancaran proses asessment 12 1 11 29 163 76.88% 13 24.52% 40 75.47%
5 Kedisiplinan 12 1 8 32 166 78.30% 13 24.52% 40 75.47%
Jumlah
61 9 46 149 813 76.69% 70 26.41% 195 73.58%
100




0
76.88%
75%
76.41%
76.88%
78.30%
76.69%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 13 0 7 33 166 78.30% 13 24.52% 40 75.47%
2 Layanan makanan 14 2 9 28 157 74.05% 16 30.18% 37 69.81%
3 Layanan panitia kegiatan 12 1 5 35 169 79.71% 13 24.52% 40 75.47%
4 Layanan administrasi kegiatan 13 0 7 33 166 78.30% 13 24.52% 40 75.47%
5 Keramahan 13 0 7 33 166 78.30% 13 24.52% 40 75.47%
Jumlah
65 3 35 162 824 77.73% 68 25.66% 197 74.33%
100




0
78.30%
74.05%
79.71%
78.30%
78.30%
77.73%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 12 2 9 30 163 76.88% 14 26.41% 39 73.58%
2 Transparansi keuangan 12 2 10 29 162 76.41% 14 26.41% 39 73.58%
3 Bebas Pungli 12 1 9 31 165 77.83% 13 24.52% 40 75.47%
4 Bebas gratifikasi 13 0 10 30 163 76.88% 13 24.52% 40 75.47%
Jumlah
49 5 38 120 653 77.00% 54 25.47% 158 74.52%
100




0
76.88%
76.41%
77.83%
76.88%
77.00%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
73.20%
73.96%
72.77%
73.58%
74.33%
74.52%
73.73%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 73.73%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005