DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 1 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
3 Kecukupan makanan 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 0 5 29 134 90.54% 3 8.108% 34 91.89%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
Jumlah
9 0 85 91 628 84.86% 9 4.864% 176 95.13%
100




0
75%
75%
91.89%
90.54%
91.89%
84.86%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 3 0 2 32 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 5 29 134 90.54% 3 8.108% 34 91.89%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 1 33 138 93.24% 3 8.108% 34 91.89%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
5 Penguasaan materi 3 0 4 30 135 91.21% 3 8.108% 34 91.89%
Jumlah
15 0 15 155 680 91.89% 15 8.108% 170 91.89%
100




0
92.56%
90.54%
93.24%
91.89%
91.21%
91.89%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 8 25 130 87.83% 4 10.81% 33 89.18%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 1 4 29 133 89.86% 4 10.81% 33 89.18%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 0 4 30 135 91.21% 3 8.108% 34 91.89%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
Jumlah
11 3 130 115 867 83.68% 14 5.405% 245 94.59%
100




0
91.89%
87.83%
75%
75%
89.86%
91.21%
75%
83.68%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 1 2 31 135 91.21% 4 10.81% 33 89.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 1 2 31 135 91.21% 4 10.81% 33 89.18%
4 Kelancaran proses asessment 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
5 Kedisiplinan 3 1 3 30 134 90.54% 4 10.81% 33 89.18%
Jumlah
15 3 13 154 676 91.35% 18 9.729% 167 90.27%
100




0
91.89%
91.21%
91.21%
91.89%
90.54%
91.35%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
2 Layanan makanan 3 0 2 32 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 2 32 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 3 31 136 91.89% 3 8.108% 34 91.89%
5 Keramahan 3 0 1 33 138 93.24% 3 8.108% 34 91.89%
Jumlah
12 0 45 128 659 89.05% 12 6.486% 173 93.51%
100




0
75%
92.56%
92.56%
91.89%
93.24%
89.05%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 2 32 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
2 Transparansi keuangan 3 1 2 31 135 91.21% 4 10.81% 33 89.18%
3 Bebas Pungli 3 0 2 32 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
4 Bebas gratifikasi 3 0 2 32 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
Jumlah
12 1 8 127 546 92.22% 13 8.783% 135 91.21%
100




0
92.56%
91.21%
92.56%
92.56%
92.22%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.13%
91.89%
94.59%
90.27%
93.51%
91.21%
92.77%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.77%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005