DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 10 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 8 1 14 44 228 85.07% 9 13.43% 58 86.56%
2 Perlengkapan kamar tidur 5 9 14 39 221 82.46% 14 20.89% 53 79.10%
3 Kecukupan makanan 7 3 16 41 225 83.95% 10 14.92% 57 85.07%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 9 0 10 48 231 86.19% 9 13.43% 57 86.56%
5 Kelancaran penerangan Listrik 8 1 10 48 232 86.56% 9 13.43% 58 86.56%
Jumlah
37 14 64 220 1137 84.85% 51 15.22% 284 84.77%
100




0
85.07%
82.46%
83.95%
86.19%
86.56%
84.85%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 7 2 12 46 231 86.19% 9 13.43% 58 86.56%
2 Penggunaan metode mengajar 6 3 13 45 231 86.19% 9 13.43% 58 86.56%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 2 13 45 230 85.82% 9 13.43% 58 86.56%
4 Penggunaan media pembelajaran 7 2 12 46 231 86.19% 9 13.43% 58 86.56%
5 Penguasaan materi 7 2 12 46 231 86.19% 9 13.43% 58 86.56%
Jumlah
34 11 62 228 1154 86.11% 45 13.43% 290 86.56%
100




0
86.19%
86.19%
85.82%
86.19%
86.19%
86.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 9 0 16 42 225 83.95% 9 13.43% 58 86.56%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 5 19 37 221 82.46% 11 16.41% 56 83.58%
3 Kebersihan lingkungan kantor 9 0 17 41 224 83.58% 9 13.43% 58 86.56%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 7 11 14 35 211 78.73% 18 26.86% 49 73.13%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 5 17 39 223 83.20% 11 16.41% 56 83.58%
6 Kenyamanan ruang praktek 7 3 19 38 222 82.83% 10 14.92% 57 85.07%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 7 19 36 220 82.08% 12 17.91% 55 82.08%
Jumlah
49 31 121 268 1546 82.40% 80 17.05% 389 82.94%
100




0
83.95%
82.46%
83.58%
78.73%
83.20%
82.83%
82.08%
82.40%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 2 17 41 226 84.32% 9 13.43% 58 86.56%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 7 2 15 43 228 85.07% 9 13.43% 58 86.56%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 7 3 17 40 224 83.58% 10 14.92% 57 85.07%
4 Kelancaran proses asessment 7 2 17 41 226 84.32% 9 13.43% 58 86.56%
5 Kedisiplinan 6 3 16 42 228 85.07% 9 13.43% 58 86.56%
Jumlah
34 12 82 207 1132 84.47% 46 13.73% 289 86.26%
100




0
84.32%
85.07%
83.58%
84.32%
85.07%
84.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 8 3 15 41 223 83.20% 11 16.41% 56 83.58%
2 Layanan makanan 9 1 15 42 224 83.58% 10 14.92% 57 85.07%
3 Layanan panitia kegiatan 8 1 13 45 229 85.44% 9 13.43% 58 86.56%
4 Layanan administrasi kegiatan 8 1 14 44 228 85.07% 9 13.43% 58 86.56%
5 Keramahan 7 2 16 42 227 84.70% 9 13.43% 58 86.56%
Jumlah
40 8 73 214 1131 84.40% 48 14.32% 287 85.67%
100




0
83.20%
83.58%
85.44%
85.07%
84.70%
84.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 10 0 14 43 224 83.58% 10 14.92% 57 85.07%
2 Transparansi keuangan 7 3 15 42 226 84.32% 10 14.92% 57 85.07%
3 Bebas Pungli 8 2 15 42 225 83.95% 10 14.92% 57 85.07%
4 Bebas gratifikasi 9 2 14 42 223 83.20% 11 16.41% 56 83.58%
Jumlah
34 7 58 169 898 83.76% 41 15.29% 227 84.70%
100




0
83.58%
84.32%
83.95%
83.20%
83.76%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
84.77%
86.56%
82.94%
86.26%
85.67%
84.70%
85.15%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 85.15%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005