DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 10 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 26 0 78 75% 0 0% 26 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 26 0 78 75% 0 0% 26 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 10 16 94 90.38% 0 0% 26 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 14 12 90 86.53% 0 0% 26 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 11 15 93 89.42% 0 0% 26 100%
Jumlah
0 0 87 43 433 83.26% 0 0% 130 100%
100




0
75%
75%
90.38%
86.53%
89.42%
83.26%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 16 10 88 84.61% 0 0% 26 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 16 10 88 84.61% 0 0% 26 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 15 11 89 85.57% 0 0% 26 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 18 8 86 82.69% 0 0% 26 100%
5 Penguasaan materi 0 0 13 13 91 87.5% 0 0% 26 100%
Jumlah
0 0 78 52 442 85% 0 0% 130 100%
100




0
84.61%
84.61%
85.57%
82.69%
87.5%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 17 8 85 81.73% 1 3.846% 25 96.15%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 17 9 87 83.65% 0 0% 26 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 26 0 78 75% 0 0% 26 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 26 0 78 75% 0 0% 26 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 17 8 85 81.73% 1 3.846% 25 96.15%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 18 7 84 80.76% 1 3.846% 25 96.15%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 26 0 0 52 50% 26 100% 0 0%
Jumlah
0 29 121 32 549 75.41% 29 15.93% 153 84.06%
100




0
81.73%
83.65%
75%
75%
81.73%
80.76%
50%
75.41%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 9 17 95 91.34% 0 0% 26 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 11 14 91 87.5% 1 3.846% 25 96.15%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 12 14 92 88.46% 0 0% 26 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 12 14 92 88.46% 0 0% 26 100%
5 Kedisiplinan 0 0 15 11 89 85.57% 0 0% 26 100%
Jumlah
0 1 59 70 459 88.26% 1 0.769% 129 99.23%
100




0
91.34%
87.5%
88.46%
88.46%
85.57%
88.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 26 0 78 75% 0 0% 26 100%
2 Layanan makanan 0 0 12 14 92 88.46% 0 0% 26 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 13 13 91 87.5% 0 0% 26 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 14 12 90 86.53% 0 0% 26 100%
5 Keramahan 0 0 13 13 91 87.5% 0 0% 26 100%
Jumlah
0 0 78 52 442 85% 0 0% 130 100%
100




0
75%
88.46%
87.5%
86.53%
87.5%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 2 24 102 98.07% 0 0% 26 100%
2 Transparansi keuangan 1 0 2 23 99 95.19% 1 3.846% 25 96.15%
3 Bebas Pungli 0 0 1 25 103 99.03% 0 0% 26 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 1 25 103 99.03% 0 0% 26 100%
Jumlah
1 0 6 97 407 97.83% 1 0.961% 103 99.03%
100




0
98.07%
95.19%
99.03%
99.03%
97.83%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
84.06%
99.23%
100%
99.03%
97.05%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.05%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005