DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 10 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
3 Kecukupan makanan 1 1 5 16 82 89.13% 2 8.695% 21 91.30%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 5 7 10 72 78.26% 6 26.08% 21 73.91%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 11 9 75 81.52% 3 13.04% 20 86.95%
Jumlah
2 9 69 35 367 79.78% 11 9.565% 104 90.43%
100




0
75%
75%
89.13%
78.26%
81.52%
79.78%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 0 6 16 83 90.21% 1 4.347% 22 95.65%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 5 16 82 89.13% 2 8.695% 21 91.30%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 4 17 83 90.21% 2 8.695% 21 91.30%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 2 2 18 83 90.21% 3 13.04% 20 86.95%
5 Penguasaan materi 1 0 3 19 86 93.47% 1 4.347% 22 95.65%
Jumlah
5 4 20 86 417 90.65% 9 7.826% 106 92.17%
100




0
90.21%
89.13%
90.21%
90.21%
93.47%
90.65%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 5 12 6 70 76.08% 5 21.73% 18 78.26%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 12 4 2 49 53.26% 17 73.91% 6 26.08%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 5 11 6 68 73.91% 6 26.08% 17 73.91%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 4 13 5 68 73.91% 5 21.73% 18 78.26%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 23 0 0 46 50% 23 100% 0 0%
Jumlah
7 49 86 19 439 68.16% 56 34.78% 105 65.21%
100




0
76.08%
53.26%
75%
75%
73.91%
73.91%
50%
68.16%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 6 15 81 88.04% 2 8.695% 21 91.30%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 8 12 77 83.69% 3 13.04% 20 86.95%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 3 8 11 75 81.52% 4 17.39% 19 82.60%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 8 13 79 85.86% 2 8.695% 21 91.30%
5 Kedisiplinan 1 2 11 9 74 80.43% 3 13.04% 20 86.95%
Jumlah
5 9 41 60 386 83.91% 14 12.17% 101 87.82%
100




0
88.04%
83.69%
81.52%
85.86%
80.43%
83.91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
2 Layanan makanan 0 5 3 15 79 85.86% 5 21.73% 18 78.26%
3 Layanan panitia kegiatan 1 3 9 10 74 80.43% 4 17.39% 19 82.60%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 2 7 13 78 84.78% 3 13.04% 20 86.95%
5 Keramahan 1 1 8 13 79 85.86% 2 8.695% 21 91.30%
Jumlah
3 11 50 51 379 82.39% 14 12.17% 101 87.82%
100




0
75%
85.86%
80.43%
84.78%
85.86%
82.39%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 6 15 80 86.95% 2 8.695% 21 91.30%
2 Transparansi keuangan 1 1 5 16 82 89.13% 2 8.695% 21 91.30%
3 Bebas Pungli 1 0 5 17 84 91.30% 1 4.347% 22 95.65%
4 Bebas gratifikasi 1 0 4 18 85 92.39% 1 4.347% 22 95.65%
Jumlah
5 1 20 66 331 89.94% 6 6.521% 86 93.47%
100




0
86.95%
89.13%
91.30%
92.39%
89.94%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.43%
92.17%
65.21%
87.82%
87.82%
93.47%
86.15%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 86.15%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005