DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 11 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 9 0 11 50 242 86.42% 9 12.85% 61 87.14%
2 Perlengkapan kamar tidur 9 1 10 50 241 86.07% 10 14.28% 60 85.71%
3 Kecukupan makanan 5 1 10 54 253 90.35% 6 8.571% 64 91.42%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 5 1 10 54 253 90.35% 6 8.571% 64 91.42%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 0 10 54 252 90% 6 8.571% 64 91.42%
Jumlah
34 3 51 262 1241 88.64% 37 10.57% 313 89.42%
100




0
86.42%
86.07%
90.35%
90.35%
90%
88.64%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 4 0 3 63 265 94.64% 4 5.714% 66 94.28%
2 Penggunaan metode mengajar 4 0 2 64 266 95% 4 5.714% 66 94.28%
3 Keterampilan & berkomunikasi 4 0 3 63 265 94.64% 4 5.714% 66 94.28%
4 Penggunaan media pembelajaran 4 0 5 61 263 93.92% 4 5.714% 66 94.28%
5 Penguasaan materi 4 0 5 61 263 93.92% 4 5.714% 66 94.28%
Jumlah
20 0 18 312 1322 94.42% 20 5.714% 330 94.28%
100




0
94.64%
95%
94.64%
93.92%
93.92%
94.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 4 2 7 57 257 91.78% 6 8.571% 64 91.42%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 1 13 53 256 91.42% 4 5.714% 66 94.28%
3 Kebersihan lingkungan kantor 4 1 9 56 257 91.78% 5 7.142% 65 92.85%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 8 0 14 48 242 86.42% 8 11.42% 62 88.57%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 3 8 56 257 91.78% 6 8.571% 64 91.42%
6 Kenyamanan ruang praktek 4 2 6 58 258 92.14% 6 8.571% 64 91.42%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 4 8 53 249 88.92% 9 12.85% 61 87.14%
Jumlah
31 13 65 381 1776 90.61% 44 8.979% 446 91.02%
100




0
91.78%
91.42%
91.78%
86.42%
91.78%
92.14%
88.92%
90.61%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 1 4 61 262 93.57% 5 7.142% 65 92.85%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 4 1 7 58 259 92.5% 5 7.142% 65 92.85%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 4 0 6 60 262 93.57% 4 5.714% 66 94.28%
4 Kelancaran proses asessment 4 0 6 60 262 93.57% 4 5.714% 66 94.28%
5 Kedisiplinan 5 0 8 57 257 91.78% 5 7.142% 65 92.85%
Jumlah
21 2 31 296 1302 93% 23 6.571% 327 93.42%
100




0
93.57%
92.5%
93.57%
93.57%
91.78%
93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 4 1 6 59 260 92.85% 5 7.142% 65 92.85%
2 Layanan makanan 4 0 9 57 259 92.5% 4 5.714% 66 94.28%
3 Layanan panitia kegiatan 4 0 6 60 262 93.57% 4 5.714% 66 94.28%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 0 6 60 262 93.57% 4 5.714% 66 94.28%
5 Keramahan 4 0 5 61 263 93.92% 4 5.714% 66 94.28%
Jumlah
20 1 32 297 1306 93.28% 21 6% 329 94%
100




0
92.85%
92.5%
93.57%
93.57%
93.92%
93.28%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 0 7 59 261 93.21% 4 5.714% 66 94.28%
2 Transparansi keuangan 4 2 6 58 258 92.14% 6 8.571% 64 91.42%
3 Bebas Pungli 4 0 7 59 261 93.21% 4 5.714% 66 94.28%
4 Bebas gratifikasi 4 0 6 60 262 93.57% 4 5.714% 66 94.28%
Jumlah
16 2 26 236 1042 93.03% 18 6.428% 262 93.57%
100




0
93.21%
92.14%
93.21%
93.57%
93.03%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
89.42%
94.28%
91.02%
93.42%
94%
93.57%
92.62%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.62%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005