DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 11 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 6 25 120 93.75% 1 3.125% 31 96.87%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 6 25 120 93.75% 1 3.125% 31 96.87%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 7 25 121 94.53% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 2 83 75 553 86.40% 2 1.25% 158 98.75%
100




0
75%
75%
93.75%
93.75%
94.53%
86.40%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 1 31 127 99.21% 0 0% 32 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 3 29 125 97.65% 0 0% 32 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 2 30 126 98.43% 0 0% 32 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 5 27 123 96.09% 0 0% 32 100%
5 Penguasaan materi 0 0 2 30 126 98.43% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 0 13 147 627 97.96% 0 0% 160 100%
100




0
99.21%
97.65%
98.43%
96.09%
98.43%
97.96%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 3 27 121 94.53% 2 6.25% 30 93.75%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 8 20 110 85.93% 4 12.5% 28 87.5%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 4 27 122 95.31% 1 3.125% 31 96.87%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 5 25 119 92.96% 2 6.25% 30 93.75%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 32 0 0 64 50% 32 100% 0 0%
Jumlah
2 39 84 99 728 81.25% 41 18.30% 183 81.69%
100




0
94.53%
85.93%
75%
75%
95.31%
92.96%
50%
81.25%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 2 29 124 96.87% 1 3.125% 31 96.87%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 3 29 125 97.65% 0 0% 32 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 4 28 124 96.87% 0 0% 32 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 4 28 124 96.87% 0 0% 32 100%
5 Kedisiplinan 0 0 3 29 125 97.65% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 1 16 143 622 97.18% 1 0.625% 159 99.37%
100




0
96.87%
97.65%
96.87%
96.87%
97.65%
97.18%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
2 Layanan makanan 0 0 5 27 123 96.09% 0 0% 32 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 7 25 121 94.53% 0 0% 32 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 5 26 121 94.53% 1 3.125% 31 96.87%
5 Keramahan 0 0 4 28 124 96.87% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 1 53 106 585 91.40% 1 0.625% 159 99.37%
100




0
75%
96.09%
94.53%
94.53%
96.87%
91.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 4 27 121 94.53% 1 3.125% 31 96.87%
2 Transparansi keuangan 0 0 6 26 122 95.31% 0 0% 32 100%
3 Bebas Pungli 1 0 4 27 121 94.53% 1 3.125% 31 96.87%
4 Bebas gratifikasi 1 0 3 28 122 95.31% 1 3.125% 31 96.87%
Jumlah
3 0 17 108 486 94.92% 3 2.343% 125 97.65%
100




0
94.53%
95.31%
94.53%
95.31%
94.92%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.75%
100%
81.69%
99.37%
99.37%
97.65%
96.14%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.14%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005