DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 12 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 3 1 20 43 237 88.43% 4 5.970% 63 94.02%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 1 17 46 240 89.55% 4 5.970% 63 94.02%
3 Kecukupan makanan 1 0 8 58 257 95.89% 1 1.492% 66 98.50%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 0 7 59 258 96.26% 1 1.492% 66 98.50%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 10 56 255 95.14% 1 1.492% 66 98.50%
Jumlah
9 2 62 262 1247 93.05% 11 3.283% 324 96.71%
100




0
88.43%
89.55%
95.89%
96.26%
95.14%
93.05%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 0 2 64 263 98.13% 1 1.492% 66 98.50%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 2 64 263 98.13% 1 1.492% 66 98.50%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 3 63 262 97.76% 1 1.492% 66 98.50%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 3 63 262 97.76% 1 1.492% 66 98.50%
5 Penguasaan materi 1 0 3 63 262 97.76% 1 1.492% 66 98.50%
Jumlah
5 0 13 317 1312 97.91% 5 1.492% 330 98.50%
100




0
98.13%
98.13%
97.76%
97.76%
97.76%
97.91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 12 54 253 94.40% 1 1.492% 66 98.50%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 5 10 50 242 90.29% 7 10.44% 60 89.55%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 2 11 53 250 93.28% 3 4.477% 64 95.52%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 1 6 12 48 241 89.92% 7 10.44% 60 89.55%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 0 6 60 259 96.64% 1 1.492% 66 98.50%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 9 56 254 94.77% 2 2.985% 65 97.01%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 1 9 56 254 94.77% 2 2.985% 65 97.01%
Jumlah
8 15 69 377 1753 93.44% 23 4.904% 446 95.09%
100




0
94.40%
90.29%
93.28%
89.92%
96.64%
94.77%
94.77%
93.44%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 1 65 264 98.50% 1 1.492% 66 98.50%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 0 2 64 263 98.13% 1 1.492% 66 98.50%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 6 59 257 95.89% 2 2.985% 65 97.01%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 4 62 261 97.38% 1 1.492% 66 98.50%
5 Kedisiplinan 1 1 1 64 262 97.76% 2 2.985% 65 97.01%
Jumlah
5 2 14 314 1307 97.53% 7 2.089% 328 97.91%
100




0
98.50%
98.13%
95.89%
97.38%
97.76%
97.53%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 2 10 54 251 93.65% 3 4.477% 64 95.52%
2 Layanan makanan 1 1 4 61 259 96.64% 2 2.985% 65 97.01%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 3 63 262 97.76% 1 1.492% 66 98.50%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 5 61 260 97.01% 1 1.492% 66 98.50%
5 Keramahan 1 0 5 61 260 97.01% 1 1.492% 66 98.50%
Jumlah
5 3 27 300 1292 96.41% 8 2.388% 327 97.61%
100




0
93.65%
96.64%
97.76%
97.01%
97.01%
96.41%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 2 64 263 98.13% 1 1.492% 66 98.50%
2 Transparansi keuangan 1 0 5 61 260 97.01% 1 1.492% 66 98.50%
3 Bebas Pungli 1 0 2 64 263 98.13% 1 1.492% 66 98.50%
4 Bebas gratifikasi 1 0 5 61 260 97.01% 1 1.492% 66 98.50%
Jumlah
4 0 14 250 1046 97.57% 4 1.492% 264 98.50%
100




0
98.13%
97.01%
98.13%
97.01%
97.57%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.71%
98.50%
95.09%
97.91%
97.61%
98.50%
97.39%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.39%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005