DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 12 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 6 15 78 92.85% 0 0% 21 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 8 13 76 90.47% 0 0% 21 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 6 12 72 85.71% 3 14.28% 18 85.71%
Jumlah
0 3 62 40 352 83.80% 3 2.857% 102 97.14%
100




0
75%
75%
92.85%
90.47%
85.71%
83.80%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 5 16 79 94.04% 0 0% 21 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 5 16 79 94.04% 0 0% 21 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 3 18 81 96.42% 0 0% 21 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 17 80 95.23% 0 0% 21 100%
5 Penguasaan materi 0 0 3 18 81 96.42% 0 0% 21 100%
Jumlah
0 0 20 85 400 95.23% 0 0% 105 100%
100




0
94.04%
94.04%
96.42%
95.23%
96.42%
95.23%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 3 7 11 71 84.52% 3 14.28% 18 85.71%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 5 6 10 68 80.95% 5 23.80% 16 76.19%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 4 16 78 92.85% 1 4.761% 20 95.23%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 8 10 70 83.33% 3 14.28% 18 85.71%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 21 0 0 42 50% 21 100% 0 0%
Jumlah
0 33 67 47 455 77.38% 33 22.44% 114 77.55%
100




0
84.52%
80.95%
75%
75%
92.85%
83.33%
50%
77.38%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 5 16 79 94.04% 0 0% 21 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 3 18 81 96.42% 0 0% 21 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 3 16 77 91.66% 2 9.523% 19 90.47%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 5 16 79 94.04% 0 0% 21 100%
5 Kedisiplinan 0 1 3 17 79 94.04% 1 4.761% 20 95.23%
Jumlah
0 3 19 83 395 94.04% 3 2.857% 102 97.14%
100




0
94.04%
96.42%
91.66%
94.04%
94.04%
94.04%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
2 Layanan makanan 0 1 3 17 79 94.04% 1 4.761% 20 95.23%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 3 17 79 94.04% 1 4.761% 20 95.23%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 5 15 77 91.66% 1 4.761% 20 95.23%
5 Keramahan 0 1 5 15 77 91.66% 1 4.761% 20 95.23%
Jumlah
0 4 37 64 375 89.28% 4 3.809% 101 96.19%
100




0
75%
94.04%
94.04%
91.66%
91.66%
89.28%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 4 17 80 95.23% 0 0% 21 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 4 17 80 95.23% 0 0% 21 100%
3 Bebas Pungli 0 0 5 16 79 94.04% 0 0% 21 100%
4 Bebas gratifikasi 0 1 5 15 77 91.66% 1 4.761% 20 95.23%
Jumlah
0 1 18 65 316 94.04% 1 1.190% 83 98.80%
100




0
95.23%
95.23%
94.04%
91.66%
94.04%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.14%
100%
77.55%
97.14%
96.19%
98.80%
94.47%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.47%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005