DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 13 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 4 0 12 36 184 88.46% 4 7.692% 48 92.30%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 0 18 33 187 89.90% 1 1.923% 51 98.07%
3 Kecukupan makanan 3 9 12 28 169 81.25% 12 23.07% 40 76.92%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 1 7 43 196 94.23% 2 3.846% 40 96.15%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 2 4 44 194 93.26% 4 7.692% 48 92.30%
Jumlah
11 12 53 184 930 89.42% 23 8.846% 237 91.15%
100




0
88.46%
89.90%
81.25%
94.23%
93.26%
89.42%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 1 11 39 192 92.30% 2 3.846% 50 96.15%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 9 41 194 93.26% 2 3.846% 50 96.15%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 12 39 193 92.78% 1 1.923% 51 98.07%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 9 42 196 94.23% 1 1.923% 51 98.07%
5 Penguasaan materi 1 0 10 41 195 93.75% 1 1.923% 51 98.07%
Jumlah
5 2 51 202 970 93.26% 7 2.692% 253 97.30%
100




0
92.30%
93.26%
92.78%
94.23%
93.75%
93.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 8 43 197 94.71% 1 1.923% 51 98.07%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 12 38 191 91.82% 2 3.846% 50 96.15%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 0 11 40 194 93.26% 1 1.923% 51 98.07%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 6 18 23 163 78.36% 11 21.15% 41 78.84%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 5 9 37 186 89.42% 6 11.53% 46 88.46%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 1 8 41 192 92.30% 3 5.769% 49 94.23%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 2 14 35 187 89.90% 3 5.769% 49 94.23%
Jumlah
12 15 80 257 1310 89.97% 27 7.417% 337 92.58%
100




0
94.71%
91.82%
93.26%
78.36%
89.42%
92.30%
89.90%
89.97%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 11 40 194 93.26% 1 1.923% 51 98.07%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 3 8 40 191 91.82% 4 7.692% 48 92.30%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 3 11 36 185 88.94% 5 9.615% 47 90.38%
4 Kelancaran proses asessment 1 2 10 39 191 91.82% 3 5.769% 49 94.23%
5 Kedisiplinan 1 3 11 37 188 90.38% 4 7.692% 48 92.30%
Jumlah
6 11 51 192 949 91.25% 17 6.538% 243 93.46%
100




0
93.26%
91.82%
88.94%
91.82%
90.38%
91.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 1 10 39 190 91.34% 3 5.769% 49 94.23%
2 Layanan makanan 6 6 14 26 164 78.84% 12 23.07% 40 76.92%
3 Layanan panitia kegiatan 1 2 12 37 189 90.86% 3 5.769% 49 94.23%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 11 40 194 93.26% 1 1.923% 51 98.07%
5 Keramahan 1 4 9 38 188 90.38% 5 9.615% 47 90.38%
Jumlah
11 13 56 180 925 88.94% 24 9.230% 236 90.76%
100




0
91.34%
78.84%
90.86%
93.26%
90.38%
88.94%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 5 45 198 95.19% 2 3.846% 50 96.15%
2 Transparansi keuangan 2 2 7 41 191 91.82% 4 7.692% 48 92.30%
3 Bebas Pungli 1 0 7 44 198 95.19% 1 1.923% 51 98.07%
4 Bebas gratifikasi 1 0 9 42 196 94.23% 1 1.923% 51 98.07%
Jumlah
5 3 28 172 783 94.11% 8 3.846% 200 96.15%
100




0
95.19%
91.82%
95.19%
94.23%
94.11%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.15%
97.30%
92.58%
93.46%
90.76%
96.15%
93.57%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.57%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005