DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 13 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 11 33 167 92.77% 1 2.222% 44 97.77%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 17 27 161 89.44% 1 2.222% 44 97.77%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 11 31 163 90.55% 3 6.666% 42 93.33%
Jumlah
0 5 129 91 761 84.55% 5 2.222% 220 97.77%
100




0
75%
75%
92.77%
89.44%
90.55%
84.55%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 15 30 165 91.66% 0 0% 45 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 17 28 163 90.55% 0 0% 45 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 17 28 163 90.55% 0 0% 45 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 19 25 159 88.33% 1 2.222% 44 97.77%
5 Penguasaan materi 0 0 15 30 165 91.66% 0 0% 45 100%
Jumlah
0 1 83 141 815 90.55% 1 0.444% 224 99.55%
100




0
91.66%
90.55%
90.55%
88.33%
91.66%
90.55%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 4 17 24 155 86.11% 4 8.888% 41 91.11%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 6 24 15 144 80% 6 13.33% 39 86.66%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 3 14 28 160 88.88% 3 6.666% 42 93.33%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 20 21 152 84.44% 4 8.888% 41 91.11%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 45 0 0 90 50% 45 100% 0 0%
Jumlah
0 62 165 88 971 77.06% 62 19.68% 253 80.31%
100




0
86.11%
80%
75%
75%
88.88%
84.44%
50%
77.06%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 11 34 169 93.88% 0 0% 45 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 10 34 168 93.33% 1 2.222% 44 97.77%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 19 25 159 88.33% 1 2.222% 44 97.77%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 20 25 160 88.88% 0 0% 45 100%
5 Kedisiplinan 0 1 13 31 165 91.66% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
0 3 73 149 821 91.22% 3 1.333% 222 98.66%
100




0
93.88%
93.33%
88.33%
88.88%
91.66%
91.22%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Layanan makanan 0 2 11 32 165 91.66% 2 4.444% 43 95.55%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 12 32 166 92.22% 1 2.222% 44 97.77%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 11 33 167 92.77% 1 2.222% 44 97.77%
5 Keramahan 0 1 7 37 171 95% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
0 5 86 134 804 89.33% 5 2.222% 220 97.77%
100




0
75%
91.66%
92.22%
92.77%
95%
89.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 11 32 164 91.11% 2 4.444% 43 95.55%
2 Transparansi keuangan 0 1 12 32 166 92.22% 1 2.222% 44 97.77%
3 Bebas Pungli 0 1 12 32 166 92.22% 1 2.222% 44 97.77%
4 Bebas gratifikasi 0 1 12 32 166 92.22% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
1 4 47 128 662 91.94% 5 2.777% 175 97.22%
100




0
91.11%
92.22%
92.22%
92.22%
91.94%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.77%
99.55%
80.31%
98.66%
97.77%
97.22%
95.21%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.21%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005