DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 14 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 4 2 16 49 252 88.73% 6 8.450% 65 91.54%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 2 16 49 252 88.73% 6 8.450% 65 91.54%
3 Kecukupan makanan 5 0 10 56 259 91.19% 5 7.042% 66 92.95%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 1 14 52 256 90.14% 5 7.042% 66 92.95%
5 Kelancaran penerangan Listrik 4 1 14 52 256 90.14% 5 7.042% 66 92.95%
Jumlah
21 6 70 258 1275 89.78% 27 7.605% 328 92.39%
100




0
88.73%
88.73%
91.19%
90.14%
90.14%
89.78%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 3 1 7 60 266 93.66% 4 5.633% 67 94.36%
2 Penggunaan metode mengajar 3 2 6 60 265 93.30% 5 7.042% 66 92.95%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 1 3 64 270 95.07% 4 5.633% 67 94.36%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 1 6 61 267 94.01% 4 5.633% 67 94.36%
5 Penguasaan materi 4 0 6 61 266 93.66% 4 5.633% 67 94.36%
Jumlah
16 5 28 306 1334 93.94% 21 5.915% 334 94.08%
100




0
93.66%
93.30%
95.07%
94.01%
93.66%
93.94%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 4 0 9 58 263 92.60% 4 5.633% 67 94.36%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 6 19 44 247 86.97% 8 11.26% 63 88.73%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 1 15 52 258 90.84% 4 5.633% 67 94.36%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 4 18 44 243 85.56% 9 12.67% 62 87.32%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 4 9 56 261 91.90% 6 8.450% 65 91.54%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 1 11 56 262 92.25% 4 5.633% 67 94.36%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 3 16 50 256 90.14% 5 7.042% 66 92.95%
Jumlah
21 19 97 360 1790 90.04% 40 8.048% 457 91.95%
100




0
92.60%
86.97%
90.84%
85.56%
91.90%
92.25%
90.14%
90.04%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 0 11 56 261 91.90% 4 5.633% 67 94.36%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 2 9 57 262 92.25% 5 7.042% 66 92.95%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 4 1 7 59 263 92.60% 5 7.042% 66 92.95%
4 Kelancaran proses asessment 4 0 9 58 263 92.60% 4 5.633% 67 94.36%
5 Kedisiplinan 4 0 13 54 259 91.19% 4 5.633% 67 94.36%
Jumlah
19 3 49 284 1308 92.11% 22 6.197% 333 93.80%
100




0
91.90%
92.25%
92.60%
92.60%
91.19%
92.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 1 13 54 260 91.54% 4 5.633% 67 94.36%
2 Layanan makanan 4 1 9 57 261 91.90% 5 7.042% 66 92.95%
3 Layanan panitia kegiatan 4 0 9 58 263 92.60% 4 5.633% 67 94.36%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 0 10 57 262 92.25% 4 5.633% 67 94.36%
5 Keramahan 4 0 9 58 263 92.60% 4 5.633% 67 94.36%
Jumlah
19 2 50 284 1309 92.18% 21 5.915% 334 94.08%
100




0
91.54%
91.90%
92.60%
92.25%
92.60%
92.18%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 1 9 58 264 92.95% 4 5.633% 67 94.36%
2 Transparansi keuangan 3 1 10 57 263 92.60% 4 5.633% 67 94.36%
3 Bebas Pungli 3 1 9 58 264 92.95% 4 5.633% 67 94.36%
4 Bebas gratifikasi 3 1 9 58 264 92.95% 4 5.633% 67 94.36%
Jumlah
12 4 37 231 1055 92.86% 16 5.633% 268 94.36%
100




0
92.95%
92.60%
92.95%
92.95%
92.86%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.39%
94.08%
91.95%
93.80%
94.08%
94.36%
93.44%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.44%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005