DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 14 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
3 Kecukupan makanan 1 1 10 20 113 88.28% 2 6.25% 30 93.75%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 4 17 10 100 78.12% 5 15.62% 30 84.37%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 6 14 12 102 79.68% 6 18.75% 26 81.25%
Jumlah
2 11 105 42 507 79.21% 13 8.125% 147 91.87%
100




0
75%
75%
88.28%
78.12%
79.68%
79.21%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 1 5 26 121 94.53% 1 3.125% 31 96.87%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 7 24 119 92.96% 1 3.125% 31 96.87%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 6 26 122 95.31% 0 0% 32 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 8 24 120 93.75% 0 0% 32 100%
5 Penguasaan materi 0 0 10 22 118 92.18% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 2 36 122 600 93.75% 2 1.25% 158 98.75%
100




0
94.53%
92.96%
95.31%
93.75%
92.18%
93.75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 6 19 6 94 73.43% 7 21.87% 25 78.12%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 11 14 5 86 67.18% 13 40.62% 19 59.37%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 11 20 115 89.84% 1 3.125% 31 96.87%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 8 17 5 89 69.53% 10 31.25% 22 68.75%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 32 0 0 64 50% 32 100% 0 0%
Jumlah
5 58 125 36 640 71.42% 63 28.12% 161 71.87%
100




0
73.43%
67.18%
75%
75%
89.84%
69.53%
50%
71.42%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 10 22 118 92.18% 0 0% 32 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 10 20 114 89.06% 2 6.25% 30 93.75%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 12 19 114 89.06% 1 3.125% 31 96.87%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 13 19 115 89.84% 0 0% 32 100%
5 Kedisiplinan 0 0 14 18 114 89.06% 0 0% 32 100%
Jumlah
0 3 59 98 575 89.84% 3 1.875% 157 98.12%
100




0
92.18%
89.06%
89.06%
89.84%
89.06%
89.84%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 32 0 96 75% 0 0% 32 100%
2 Layanan makanan 1 4 9 18 108 84.37% 5 15.62% 27 84.37%
3 Layanan panitia kegiatan 1 1 12 18 111 86.71% 2 6.25% 30 93.75%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 1 12 18 111 86.71% 2 6.25% 30 93.75%
5 Keramahan 1 2 10 19 111 86.71% 3 9.375% 29 90.62%
Jumlah
4 8 75 73 537 83.90% 12 7.5% 148 92.5%
100




0
75%
84.37%
86.71%
86.71%
86.71%
83.90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 12 18 111 86.71% 2 6.25% 30 93.75%
2 Transparansi keuangan 1 0 15 16 110 85.93% 1 3.125% 31 96.87%
3 Bebas Pungli 1 0 15 16 110 85.93% 1 3.125% 31 96.87%
4 Bebas gratifikasi 1 0 15 16 110 85.93% 1 3.125% 31 96.87%
Jumlah
4 1 57 66 441 86.13% 5 3.906% 123 96.09%
100




0
86.71%
85.93%
85.93%
85.93%
86.13%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.87%
98.75%
71.87%
98.12%
92.5%
96.09%
91.53%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.53%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005