DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 15 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 3 0 10 14 89 82.40% 3 11.11% 24 88.88%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 0 10 15 92 85.18% 2 7.407% 25 92.59%
3 Kecukupan makanan 2 1 5 19 95 87.96% 3 11.11% 24 88.88%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 7 17 93 86.11% 3 11.11% 24 88.88%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 8 16 91 84.25% 3 11.11% 24 88.88%
Jumlah
12 2 40 81 460 85.18% 14 10.37% 121 89.62%
100




0
82.40%
85.18%
87.96%
86.11%
84.25%
85.18%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 3 0 6 18 93 86.11% 3 11.11% 24 88.88%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 2 22 97 89.81% 3 11.11% 24 88.88%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 3 21 96 88.88% 3 11.11% 24 88.88%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 7 17 92 85.18% 3 11.11% 24 88.88%
5 Penguasaan materi 3 0 3 21 96 88.88% 3 11.11% 24 88.88%
Jumlah
15 0 21 99 474 87.77% 15 11.11% 120 88.88%
100




0
86.11%
89.81%
88.88%
85.18%
88.88%
87.77%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 6 18 93 86.11% 3 11.11% 24 88.88%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 1 7 17 93 86.11% 3 11.11% 24 88.88%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 7 17 92 85.18% 3 11.11% 24 88.88%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 2 6 10 9 80 74.07% 8 29.62% 19 70.37%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 1 7 16 90 83.33% 4 14.81% 23 85.18%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 1 8 16 92 85.18% 3 11.11% 24 88.88%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 2 12 11 86 79.62% 4 14.81% 23 85.18%
Jumlah
17 11 57 104 626 82.80% 28 14.81% 161 85.18%
100




0
86.11%
86.11%
85.18%
74.07%
83.33%
85.18%
79.62%
82.80%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 3 21 96 88.88% 3 11.11% 24 88.88%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 1 4 20 96 88.88% 3 11.11% 24 88.88%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 5 19 95 87.96% 3 11.11% 24 88.88%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 3 21 97 89.81% 3 11.11% 24 88.88%
5 Kedisiplinan 3 0 6 18 93 86.11% 3 11.11% 24 88.88%
Jumlah
12 3 21 99 477 88.33% 15 11.11% 120 88.88%
100




0
88.88%
88.88%
87.96%
89.81%
86.11%
88.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 3 10 12 86 79.62% 5 18.51% 22 81.48%
2 Layanan makanan 2 0 4 21 98 90.74% 2 7.407% 25 92.59%
3 Layanan panitia kegiatan 2 1 3 21 97 89.81% 3 11.11% 24 88.88%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 3 21 97 89.81% 3 11.11% 24 88.88%
5 Keramahan 3 0 2 22 97 89.81% 3 11.11% 24 88.88%
Jumlah
11 5 22 97 475 87.96% 16 11.85% 119 88.14%
100




0
79.62%
90.74%
89.81%
89.81%
89.81%
87.96%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 6 18 93 86.11% 3 11.11% 24 88.88%
2 Transparansi keuangan 2 0 8 17 94 87.03% 2 7.407% 25 92.59%
3 Bebas Pungli 2 1 5 19 95 87.96% 3 11.11% 24 88.88%
4 Bebas gratifikasi 3 0 7 17 92 85.18% 3 11.11% 24 88.88%
Jumlah
10 1 26 71 374 86.57% 11 10.18% 97 89.81%
100




0
86.11%
87.03%
87.96%
85.18%
86.57%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
89.62%
88.88%
85.18%
88.88%
88.14%
89.81%
88.42%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 88.42%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005