DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 15 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 8 31 154 91.66% 3 7.142% 39 92.85%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 7 35 161 95.83% 0 0% 39 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 4 15 23 145 86.30% 4 9.523% 38 90.47%
Jumlah
0 7 114 89 712 84.76% 7 3.333% 203 96.66%
100




0
75%
75%
91.66%
95.83%
86.30%
84.76%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 7 35 161 95.83% 0 0% 42 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 3 38 163 97.02% 1 2.380% 41 97.61%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 6 36 162 96.42% 0 0% 42 100%
5 Penguasaan materi 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 1 25 184 813 96.78% 1 0.476% 209 99.52%
100




0
95.83%
97.02%
97.02%
96.42%
97.61%
96.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 12 29 154 91.66% 1 2.380% 41 97.61%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 12 28 151 89.88% 2 4.761% 40 95.23%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 9 31 155 92.26% 2 4.761% 40 95.23%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 42 0 0 84 50% 42 100% 0 0%
Jumlah
1 46 122 125 959 81.54% 47 15.98% 247 84.01%
100




0
91.66%
89.88%
75%
75%
97.02%
92.26%
50%
81.54%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 3 38 163 97.02% 1 2.380% 41 97.61%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 6 34 158 94.04% 2 4.761% 40 95.23%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 3 37 160 95.23% 2 4.761% 40 95.23%
5 Kedisiplinan 0 1 5 36 161 95.83% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
1 5 21 183 806 95.95% 6 2.857% 204 97.14%
100




0
97.02%
97.61%
94.04%
95.23%
95.83%
95.95%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Layanan makanan 0 3 4 35 158 94.04% 3 7.142% 39 92.85%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 4 38 164 97.61% 0 0% 42 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 5 37 163 97.02% 0 0% 42 100%
5 Keramahan 0 1 4 37 162 96.42% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
0 4 59 147 773 92.02% 4 1.904% 206 98.09%
100




0
75%
94.04%
97.61%
97.02%
96.42%
92.02%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 5 35 158 94.04% 2 4.761% 40 95.23%
2 Transparansi keuangan 1 0 5 36 160 95.23% 1 2.380% 41 97.61%
3 Bebas Pungli 1 1 3 37 160 95.23% 2 4.761% 40 95.23%
4 Bebas gratifikasi 1 1 4 36 159 94.64% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
4 3 17 144 637 94.79% 7 4.166% 161 95.83%
100




0
94.04%
95.23%
95.23%
94.64%
94.79%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.66%
99.52%
84.01%
97.14%
98.09%
95.83%
95.21%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.21%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005