DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 16 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 10 9 36 14 192 69.56% 19 27.53% 50 72.46%
2 Perlengkapan kamar tidur 9 6 40 14 197 71.37% 15 21.73% 54 78.26%
3 Kecukupan makanan 5 6 29 29 220 79.71% 11 15.94% 58 84.05%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 4 31 30 225 81.52% 8 11.59% 58 88.40%
5 Kelancaran penerangan Listrik 4 4 30 31 226 81.88% 8 11.59% 61 88.40%
Jumlah
32 29 166 118 1060 76.81% 61 17.68% 284 82.31%
100




0
69.56%
71.37%
79.71%
81.52%
81.88%
76.81%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 4 2 27 36 233 84.42% 6 8.695% 63 91.30%
2 Penggunaan metode mengajar 4 4 23 38 233 84.42% 8 11.59% 61 88.40%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 4 27 35 232 84.05% 7 10.14% 62 89.85%
4 Penggunaan media pembelajaran 4 4 25 36 231 83.69% 8 11.59% 61 88.40%
5 Penguasaan materi 4 3 26 36 232 84.05% 7 10.14% 62 89.85%
Jumlah
19 17 128 181 1161 84.13% 36 10.43% 309 89.56%
100




0
84.42%
84.42%
84.05%
83.69%
84.05%
84.13%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 3 26 37 235 85.14% 6 8.695% 63 91.30%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 9 32 22 208 75.36% 15 21.73% 54 78.26%
3 Kebersihan lingkungan kantor 5 7 35 22 212 76.81% 12 17.39% 57 82.60%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 9 11 29 20 198 71.73% 20 28.98% 49 71.01%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 8 27 30 221 80.07% 12 17.39% 57 82.60%
6 Kenyamanan ruang praktek 4 7 27 31 223 80.79% 11 15.94% 58 84.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 8 31 25 214 77.53% 13 18.84% 56 81.15%
Jumlah
36 53 207 187 1511 78.20% 89 18.42% 394 81.57%
100




0
85.14%
75.36%
76.81%
71.73%
80.07%
80.79%
77.53%
78.20%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 4 28 33 228 82.60% 8 11.59% 61 88.40%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 5 26 35 231 83.69% 8 11.59% 61 88.40%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 7 4 29 29 218 78.98% 11 15.94% 58 84.05%
4 Kelancaran proses asessment 5 4 30 30 223 80.79% 9 13.04% 60 86.95%
5 Kedisiplinan 6 6 27 30 219 79.34% 12 17.39% 57 82.60%
Jumlah
25 23 140 157 1119 81.08% 48 13.91% 297 86.08%
100




0
82.60%
83.69%
78.98%
80.79%
79.34%
81.08%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 5 3 29 32 226 81.88% 8 11.59% 61 88.40%
2 Layanan makanan 4 5 25 35 229 82.97% 9 13.04% 60 86.95%
3 Layanan panitia kegiatan 4 2 25 38 235 85.14% 6 8.695% 63 91.30%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 3 25 38 236 85.50% 6 8.695% 63 91.30%
5 Keramahan 4 2 25 38 235 85.14% 6 8.695% 63 91.30%
Jumlah
20 15 129 181 1161 84.13% 35 10.14% 310 89.85%
100




0
81.88%
82.97%
85.14%
85.50%
85.14%
84.13%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 3 32 30 226 81.88% 7 10.14% 62 89.85%
2 Transparansi keuangan 6 3 31 29 221 80.07% 9 13.04% 60 86.95%
3 Bebas Pungli 5 5 28 31 223 80.79% 10 14.49% 59 85.50%
4 Bebas gratifikasi 5 4 30 30 223 80.79% 9 13.04% 60 86.95%
Jumlah
20 15 121 120 893 80.88% 35 12.68% 241 87.31%
100




0
81.88%
80.07%
80.79%
80.79%
80.88%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
82.31%
89.56%
81.57%
86.08%
89.85%
87.31%
86.11%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 86.11%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005