DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 16 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 7 43 193 96.5% 0 0% 50 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 7 43 193 96.5% 0 0% 50 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 4 14 32 178 89% 4 8% 46 92%
Jumlah
0 4 128 118 864 86.4% 4 1.6% 246 98.4%
100




0
75%
75%
96.5%
96.5%
89%
86.4%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 9 41 191 95.5% 0 0% 50 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 14 36 186 93% 0 0% 50 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 45 195 97.5% 0 0% 50 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 9 41 191 95.5% 0 0% 50 100%
5 Penguasaan materi 0 0 10 40 190 95% 0 0% 50 100%
Jumlah
0 0 47 203 953 95.3% 0 0% 250 100%
100




0
95.5%
93%
97.5%
95.5%
95%
95.3%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 3 15 32 179 89.5% 3 6% 47 94%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 4 16 30 176 88% 4 8% 46 92%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 6 43 192 96% 1 2% 49 98%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 14 35 184 92% 1 2% 49 98%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 50 0 0 100 50% 50 100% 0 0%
Jumlah
0 59 151 140 1131 80.78% 59 16.85% 291 83.14%
100




0
89.5%
88%
75%
75%
96%
92%
50%
80.78%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 5 45 195 97.5% 0 0% 50 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 6 43 192 96% 1 2% 49 98%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 12 37 186 93% 1 2% 49 98%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 10 40 190 95% 0 0% 50 100%
5 Kedisiplinan 0 2 13 35 183 91.5% 2 4% 48 96%
Jumlah
0 4 46 200 946 94.6% 4 1.6% 246 98.4%
100




0
97.5%
96%
93%
95%
91.5%
94.6%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Layanan makanan 0 0 7 43 193 96.5% 0 0% 50 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 9 41 191 95.5% 0 0% 50 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 8 41 190 95% 1 2% 49 98%
5 Keramahan 0 0 9 41 191 95.5% 0 0% 50 100%
Jumlah
0 1 83 166 915 91.5% 1 0.4% 249 99.6%
100




0
75%
96.5%
95.5%
95%
95.5%
91.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 10 39 188 94% 1 2% 49 98%
2 Transparansi keuangan 0 1 12 37 186 93% 1 2% 49 98%
3 Bebas Pungli 0 0 9 41 191 95.5% 0 0% 50 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 10 40 190 95% 0 0% 50 100%
Jumlah
0 2 41 157 755 94.37% 2 1% 198 99%
100




0
94%
93%
95.5%
95%
94.37%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.4%
100%
83.14%
98.4%
99.6%
99%
96.42%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.42%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005