DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 17 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 7 5 20 16 141 73.43% 12 25% 36 75%
2 Perlengkapan kamar tidur 7 4 23 14 140 72.91% 11 22.91% 37 77.08%
3 Kecukupan makanan 4 2 16 26 160 83.33% 6 12.5% 42 87.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 5 0 17 26 160 83.33% 5 10.41% 42 89.58%
5 Kelancaran penerangan Listrik 4 0 17 27 163 84.89% 4 8.333% 44 91.66%
Jumlah
27 11 93 109 764 79.58% 38 15.83% 202 84.16%
100




0
73.43%
72.91%
83.33%
83.33%
84.89%
79.58%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 4 0 12 32 168 87.5% 4 8.333% 44 91.66%
2 Penggunaan metode mengajar 3 1 15 29 166 86.45% 4 8.333% 44 91.66%
3 Keterampilan & berkomunikasi 4 0 11 33 169 88.02% 4 8.333% 44 91.66%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 2 16 27 163 84.89% 5 10.41% 43 89.58%
5 Penguasaan materi 4 2 11 31 165 85.93% 6 12.5% 42 87.5%
Jumlah
18 5 65 152 831 86.56% 23 9.583% 217 90.41%
100




0
87.5%
86.45%
88.02%
84.89%
85.93%
86.56%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 4 0 20 24 160 83.33% 4 8.333% 44 91.66%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 3 16 25 158 82.29% 7 14.58% 41 85.41%
3 Kebersihan lingkungan kantor 4 0 20 24 160 83.33% 4 8.333% 44 91.66%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 3 15 24 153 79.68% 9 18.75% 39 81.25%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 1 15 28 163 84.89% 5 10.41% 43 89.58%
6 Kenyamanan ruang praktek 4 0 19 25 161 83.85% 4 8.333% 44 91.66%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 4 2 19 23 157 81.77% 6 12.5% 42 87.5%
Jumlah
30 9 124 173 1112 82.73% 39 11.60% 297 88.39%
100




0
83.33%
82.29%
83.33%
79.68%
84.89%
83.85%
81.77%
82.73%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 3 8 34 169 88.02% 6 12.5% 42 87.5%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 3 14 30 169 88.02% 4 8.333% 44 91.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 4 2 18 24 158 82.29% 6 12.5% 42 87.5%
4 Kelancaran proses asessment 2 2 17 27 165 85.93% 4 8.333% 44 91.66%
5 Kedisiplinan 3 2 17 26 162 84.37% 5 10.41% 43 89.58%
Jumlah
13 12 74 141 823 85.72% 25 10.41% 215 89.58%
100




0
88.02%
88.02%
82.29%
85.93%
84.37%
85.72%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 4 2 21 21 155 80.72% 6 12.5% 42 87.5%
2 Layanan makanan 4 1 15 28 163 84.89% 5 10.41% 43 89.58%
3 Layanan panitia kegiatan 3 1 16 28 165 85.93% 4 8.333% 44 91.66%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 0 14 30 166 86.45% 4 8.333% 44 91.66%
5 Keramahan 4 0 10 34 170 88.54% 4 8.333% 44 91.66%
Jumlah
19 4 76 141 819 85.31% 23 9.583% 217 90.41%
100




0
80.72%
84.89%
85.93%
86.45%
88.54%
85.31%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 0 12 32 168 87.5% 4 8.333% 44 91.66%
2 Transparansi keuangan 4 1 14 29 164 85.41% 5 10.41% 43 89.58%
3 Bebas Pungli 4 0 13 31 167 86.97% 4 8.333% 44 91.66%
4 Bebas gratifikasi 4 0 13 31 167 86.97% 4 8.333% 44 91.66%
Jumlah
16 1 52 123 666 86.71% 17 8.854% 175 91.14%
100




0
87.5%
85.41%
86.97%
86.97%
86.71%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
84.16%
90.41%
88.39%
89.58%
90.41%
91.14%
89.02%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 89.02%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005