DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 17 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 9 23 125 89.28% 3 8.571% 32 91.42%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 9 26 131 93.57% 0 0% 32 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 10 13 12 107 76.42% 10 28.57% 25 71.42%
Jumlah
0 13 101 61 573 81.85% 13 7.428% 162 92.57%
100




0
75%
75%
89.28%
93.57%
76.42%
81.85%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 8 27 132 94.28% 0 0% 35 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 7 27 131 93.57% 1 2.857% 34 97.14%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 8 27 132 94.28% 0 0% 35 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 7 26 129 92.14% 2 5.714% 33 94.28%
5 Penguasaan materi 0 0 9 26 131 93.57% 0 0% 35 100%
Jumlah
0 3 39 133 655 93.57% 3 1.714% 172 98.28%
100




0
94.28%
93.57%
94.28%
92.14%
93.57%
93.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 10 23 126 90% 2 5.714% 33 94.28%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 13 21 125 89.28% 1 2.857% 34 97.14%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 3 10 22 124 88.57% 3 8.571% 32 91.42%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 5 12 18 118 84.28% 5 14.28% 30 85.71%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 35 0 0 70 50% 35 100% 0 0%
Jumlah
0 46 115 84 773 78.87% 46 18.77% 199 81.22%
100




0
90%
89.28%
75%
75%
88.57%
84.28%
50%
78.87%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 9 26 131 93.57% 0 0% 35 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 11 22 125 89.28% 2 5.714% 33 94.28%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 3 13 19 121 86.42% 3 8.571% 32 91.42%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 11 24 129 92.14% 0 0% 35 100%
5 Kedisiplinan 0 1 12 22 126 90% 1 2.857% 34 97.14%
Jumlah
0 6 56 113 632 90.28% 6 3.428% 169 96.57%
100




0
93.57%
89.28%
86.42%
92.14%
90%
90.28%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
2 Layanan makanan 0 1 8 26 130 92.85% 1 2.857% 34 97.14%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 9 26 131 93.57% 0 0% 35 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 10 25 130 92.85% 0 0% 35 100%
5 Keramahan 0 0 10 25 130 92.85% 0 0% 35 100%
Jumlah
0 1 72 102 626 89.42% 1 0.571% 174 99.42%
100




0
75%
92.85%
93.57%
92.85%
92.85%
89.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 6 28 132 94.28% 1 2.857% 34 97.14%
2 Transparansi keuangan 0 0 7 28 133 95% 0 0% 35 100%
3 Bebas Pungli 0 0 6 29 134 95.71% 0 0% 35 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 7 28 133 95% 0 0% 35 100%
Jumlah
0 1 26 113 532 95% 1 0.714% 139 99.28%
100




0
94.28%
95%
95.71%
95%
95%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.57%
98.28%
81.22%
96.57%
99.42%
99.28%
94.56%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.56%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005