DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 2 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 7 2 16 19 135 76.70% 9 20.45% 35 79.54%
2 Perlengkapan kamar tidur 7 5 12 20 133 75.56% 12 27.27% 32 72.72%
3 Kecukupan makanan 8 3 6 27 140 79.54% 11 25% 33 75%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 9 0 3 32 146 82.95% 9 20.45% 33 79.54%
5 Kelancaran penerangan Listrik 9 1 6 28 141 80.11% 10 22.72% 34 77.27%
Jumlah
40 11 43 126 695 78.97% 51 23.18% 169 76.81%
100




0
76.70%
75.56%
79.54%
82.95%
80.11%
78.97%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 6 4 9 25 141 80.11% 10 22.72% 34 77.27%
2 Penggunaan metode mengajar 8 1 8 27 142 80.68% 9 20.45% 35 79.54%
3 Keterampilan & berkomunikasi 6 2 8 28 146 82.95% 8 18.18% 36 81.81%
4 Penggunaan media pembelajaran 5 1 11 27 148 84.09% 6 13.63% 38 86.36%
5 Penguasaan materi 8 2 7 27 141 80.11% 10 22.72% 34 77.27%
Jumlah
33 10 43 134 718 81.59% 43 19.54% 177 80.45%
100




0
80.11%
80.68%
82.95%
84.09%
80.11%
81.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 3 11 24 141 80.11% 9 20.45% 35 79.54%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 3 14 21 138 78.40% 9 20.45% 35 79.54%
3 Kebersihan lingkungan kantor 6 3 11 24 141 80.11% 9 20.45% 35 79.54%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 9 5 10 20 129 73.29% 14 31.81% 30 68.18%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 4 11 23 139 78.97% 10 22.72% 34 77.27%
6 Kenyamanan ruang praktek 7 3 13 21 136 77.27% 10 22.72% 34 77.27%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 4 14 21 139 78.97% 9 20.45% 35 79.54%
Jumlah
45 25 84 154 963 78.16% 70 22.72% 238 77.27%
100




0
80.11%
78.40%
80.11%
73.29%
78.97%
77.27%
78.97%
78.16%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 1 11 25 142 80.68% 8 18.18% 36 81.81%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 8 0 15 21 137 77.84% 8 18.18% 36 81.81%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 8 4 12 20 132 75% 12 27.27% 32 72.72%
4 Kelancaran proses asessment 9 2 10 23 135 76.70% 11 25% 33 75%
5 Kedisiplinan 7 2 12 23 139 78.97% 9 20.45% 35 79.54%
Jumlah
39 9 60 112 685 77.84% 48 21.81% 172 78.18%
100




0
80.68%
77.84%
75%
76.70%
78.97%
77.84%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 7 1 8 28 145 82.38% 8 18.18% 36 81.81%
2 Layanan makanan 6 3 9 26 143 81.25% 9 20.45% 35 79.54%
3 Layanan panitia kegiatan 7 1 9 27 144 81.81% 8 18.18% 36 81.81%
4 Layanan administrasi kegiatan 7 1 10 26 143 81.25% 8 18.18% 36 81.81%
5 Keramahan 7 1 9 27 144 81.81% 8 18.18% 36 81.81%
Jumlah
34 7 45 134 719 81.70% 41 18.63% 179 81.36%
100




0
82.38%
81.25%
81.81%
81.25%
81.81%
81.70%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 10 0 9 25 137 77.84% 10 22.72% 34 77.27%
2 Transparansi keuangan 8 3 8 25 138 78.40% 11 25% 33 75%
3 Bebas Pungli 9 1 9 25 138 78.40% 10 22.72% 34 77.27%
4 Bebas gratifikasi 8 2 9 25 139 78.97% 10 22.72% 34 77.27%
Jumlah
35 6 35 100 552 78.40% 41 23.29% 135 76.70%
100




0
77.84%
78.40%
78.40%
78.97%
78.40%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
76.81%
80.45%
77.27%
78.18%
81.36%
76.70%
78.46%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 78.46%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005