DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 2 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
3 Kecukupan makanan 0 2 8 29 144 92.30% 2 5.128% 37 94.87%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 7 32 149 95.51% 0 0% 37 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 9 27 141 90.38% 3 7.692% 36 92.30%
Jumlah
0 5 102 88 668 85.64% 5 2.564% 190 97.43%
100




0
75%
75%
92.30%
95.51%
90.38%
85.64%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 6 33 150 96.15% 0 0% 39 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 6 33 150 96.15% 0 0% 39 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 7 32 149 95.51% 0 0% 39 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 6 33 150 96.15% 0 0% 39 100%
5 Penguasaan materi 0 0 5 34 151 96.79% 0 0% 39 100%
Jumlah
0 0 30 165 750 96.15% 0 0% 195 100%
100




0
96.15%
96.15%
95.51%
96.15%
96.79%
96.15%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 10 28 144 92.30% 1 2.564% 38 97.43%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 10 26 140 89.74% 3 7.692% 36 92.30%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 10 28 144 92.30% 1 2.564% 38 97.43%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 8 27 140 89.74% 4 10.25% 35 89.74%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 39 0 0 78 50% 39 100% 0 0%
Jumlah
0 48 116 109 880 80.58% 48 17.58% 225 82.41%
100




0
92.30%
89.74%
75%
75%
92.30%
89.74%
50%
80.58%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 4 35 152 97.43% 0 0% 39 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 9 30 147 94.23% 0 0% 39 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 6 31 146 93.58% 2 5.128% 37 94.87%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 9 30 147 94.23% 0 0% 39 100%
5 Kedisiplinan 0 1 10 28 144 92.30% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
0 3 38 154 736 94.35% 3 1.538% 192 98.46%
100




0
97.43%
94.23%
93.58%
94.23%
92.30%
94.35%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Layanan makanan 0 0 10 29 146 93.58% 0 0% 39 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 10 29 146 93.58% 0 0% 39 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 8 31 148 94.87% 0 0% 39 100%
5 Keramahan 0 0 11 28 145 92.94% 0 0% 39 100%
Jumlah
0 0 78 117 702 90% 0 0% 195 100%
100




0
75%
93.58%
93.58%
94.87%
92.94%
90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 3 35 151 96.79% 1 2.564% 38 97.43%
2 Transparansi keuangan 0 1 4 34 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
3 Bebas Pungli 0 1 5 33 149 95.51% 1 2.564% 38 97.43%
4 Bebas gratifikasi 0 1 4 34 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
0 4 16 136 600 96.15% 4 2.564% 152 97.43%
100




0
96.79%
96.15%
95.51%
96.15%
96.15%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.43%
100%
82.41%
98.46%
100%
97.43%
95.95%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.95%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005