DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 3 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 5 11 36 192 84.21% 10 17.54% 47 82.45%
2 Perlengkapan kamar tidur 6 4 12 35 190 83.33% 10 17.54% 47 82.45%
3 Kecukupan makanan 5 3 11 38 196 85.96% 8 14.03% 49 85.96%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 5 5 9 38 194 85.08% 10 17.54% 49 82.45%
5 Kelancaran penerangan Listrik 5 3 7 42 200 87.71% 8 14.03% 49 85.96%
Jumlah
26 20 50 189 972 85.26% 46 16.14% 239 83.85%
100




0
84.21%
83.33%
85.96%
85.08%
87.71%
85.26%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 7 2 5 43 198 86.84% 9 15.78% 48 84.21%
2 Penggunaan metode mengajar 7 1 9 40 196 85.96% 8 14.03% 49 85.96%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 1 5 44 200 87.71% 8 14.03% 49 85.96%
4 Penggunaan media pembelajaran 7 1 8 41 197 86.40% 8 14.03% 49 85.96%
5 Penguasaan materi 7 1 7 42 198 86.84% 8 14.03% 49 85.96%
Jumlah
35 6 34 210 989 86.75% 41 14.38% 244 85.61%
100




0
86.84%
85.96%
87.71%
86.40%
86.84%
86.75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 2 12 36 191 83.77% 9 15.78% 48 84.21%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 3 8 40 196 85.96% 9 15.78% 48 84.21%
3 Kebersihan lingkungan kantor 7 1 9 40 196 85.96% 8 14.03% 49 85.96%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 10 2 9 36 185 81.14% 12 21.05% 45 78.94%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 7 3 10 37 191 83.77% 10 17.54% 47 82.45%
6 Kenyamanan ruang praktek 7 1 8 41 197 86.40% 8 14.03% 49 85.96%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 7 2 7 41 196 85.96% 9 15.78% 48 84.21%
Jumlah
51 14 63 271 1352 84.71% 65 16.29% 334 83.70%
100




0
83.77%
85.96%
85.96%
81.14%
83.77%
86.40%
85.96%
84.71%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 2 6 42 197 86.40% 9 15.78% 48 84.21%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 7 4 7 39 192 84.21% 11 19.29% 46 80.70%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 7 5 9 36 188 82.45% 12 21.05% 45 78.94%
4 Kelancaran proses asessment 7 1 9 40 196 85.96% 8 14.03% 49 85.96%
5 Kedisiplinan 7 3 7 40 194 85.08% 10 17.54% 47 82.45%
Jumlah
35 15 38 197 967 84.82% 50 17.54% 235 82.45%
100




0
86.40%
84.21%
82.45%
85.96%
85.08%
84.82%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 7 1 10 39 195 85.52% 8 14.03% 49 85.96%
2 Layanan makanan 7 1 11 38 194 85.08% 8 14.03% 49 85.96%
3 Layanan panitia kegiatan 7 1 9 40 196 85.96% 8 14.03% 49 85.96%
4 Layanan administrasi kegiatan 7 2 8 40 195 85.52% 9 15.78% 48 84.21%
5 Keramahan 7 1 8 41 197 86.40% 8 14.03% 49 85.96%
Jumlah
35 6 46 198 977 85.70% 41 14.38% 244 85.61%
100




0
85.52%
85.08%
85.96%
85.52%
86.40%
85.70%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 7 1 8 41 197 86.40% 8 14.03% 49 85.96%
2 Transparansi keuangan 5 2 9 41 200 87.71% 7 12.28% 50 87.71%
3 Bebas Pungli 7 1 8 41 197 86.40% 8 14.03% 49 85.96%
4 Bebas gratifikasi 5 1 10 41 201 88.15% 6 10.52% 51 89.47%
Jumlah
24 5 35 164 795 87.17% 29 12.71% 199 87.28%
100




0
86.40%
87.71%
86.40%
88.15%
87.17%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
83.85%
85.61%
83.70%
82.45%
85.61%
87.28%
84.75%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 84.75%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005