DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 3 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 6 17 86 93.47% 0 0% 23 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 6 16 84 91.30% 1 4.347% 23 95.65%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 18 87 94.56% 0 0% 23 100%
Jumlah
0 1 63 51 395 85.86% 1 0.869% 114 99.13%
100




0
75%
75%
93.47%
91.30%
94.56%
85.86%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 1 3 19 87 94.56% 1 4.347% 22 95.65%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 5 18 87 94.56% 0 0% 23 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 18 87 94.56% 0 0% 23 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 19 88 95.65% 0 0% 23 100%
5 Penguasaan materi 0 0 1 22 91 98.91% 0 0% 23 100%
Jumlah
0 1 18 96 440 95.65% 1 0.869% 114 99.13%
100




0
94.56%
94.56%
94.56%
95.65%
98.91%
95.65%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 4 18 86 93.47% 1 4.347% 22 95.65%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 10 11 78 84.78% 2 8.695% 21 91.30%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 6 17 86 93.47% 0 0% 23 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 7 16 85 92.39% 0 0% 23 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
Jumlah
0 3 96 62 542 84.16% 3 1.863% 158 98.13%
100




0
93.47%
84.78%
75%
75%
93.47%
92.39%
75%
84.16%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 8 15 84 91.30% 0 0% 23 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 6 17 86 93.47% 0 0% 23 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 8 14 81 88.04% 1 4.347% 22 95.65%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 9 14 83 90.21% 0 0% 23 100%
5 Kedisiplinan 0 0 8 15 84 91.30% 0 0% 23 100%
Jumlah
1 0 39 75 418 90.86% 1 0.869% 114 99.13%
100




0
91.30%
93.47%
88.04%
90.21%
91.30%
90.86%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 23 0 69 75% 0 0% 23 100%
2 Layanan makanan 1 0 5 17 84 91.30% 1 4.347% 22 95.65%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 5 18 87 94.56% 0 0% 23 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 6 17 86 93.47% 0 0% 23 100%
5 Keramahan 0 0 4 19 88 95.65% 0 0% 23 100%
Jumlah
1 0 43 71 414 90% 1 0.869% 114 99.13%
100




0
75%
91.30%
94.56%
93.47%
95.65%
90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 4 19 88 95.65% 0 0% 23 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 4 19 88 95.65% 0 0% 23 100%
3 Bebas Pungli 0 0 4 19 88 95.65% 0 0% 23 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 4 19 88 95.65% 0 0% 23 100%
Jumlah
0 0 16 76 352 95.65% 0 0% 92 100%
100




0
95.65%
95.65%
95.65%
95.65%
95.65%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.13%
99.13%
98.13%
99.13%
99.13%
100%
99.10%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 99.10%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005