DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 3 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 32 140 97.22% 0 0% 36 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 4 30 134 93.05% 2 5.555% 36 94.44%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 31 139 96.52% 0 0% 36 100%
Jumlah
2 0 85 93 629 87.36% 2 1.111% 178 98.88%
100




0
75%
75%
97.22%
93.05%
96.52%
87.36%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 3 33 141 97.91% 0 0% 36 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
5 Penguasaan materi 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 0 11 169 709 98.47% 0 0% 180 100%
100




0
97.91%
98.61%
98.61%
98.61%
98.61%
98.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 5 30 137 95.13% 1 2.777% 35 97.22%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 10 24 130 90.27% 2 5.555% 34 94.44%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 5 31 139 96.52% 0 0% 36 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 4 32 140 97.22% 0 0% 36 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 36 0 0 72 50% 36 100% 0 0%
Jumlah
0 39 96 117 834 82.73% 39 15.47% 213 84.52%
100




0
95.13%
90.27%
75%
75%
96.52%
97.22%
50%
82.73%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 1 35 143 99.30% 0 0% 36 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 3 33 141 97.91% 0 0% 36 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
5 Kedisiplinan 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 0 10 170 710 98.61% 0 0% 180 100%
100




0
98.61%
99.30%
97.91%
98.61%
98.61%
98.61%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Layanan makanan 0 0 4 32 140 97.22% 0 0% 36 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 3 33 141 97.91% 0 0% 36 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 4 32 140 97.22% 0 0% 36 100%
5 Keramahan 0 0 3 33 141 97.91% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 0 50 130 670 93.05% 0 0% 180 100%
100




0
75%
97.22%
97.91%
97.22%
97.91%
93.05%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 1 35 143 99.30% 0 0% 36 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 1 35 143 99.30% 0 0% 36 100%
3 Bebas Pungli 0 0 1 35 143 99.30% 0 0% 36 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 2 34 142 98.61% 0 0% 36 100%
Jumlah
0 0 5 139 571 99.13% 0 0% 144 100%
100




0
99.30%
99.30%
99.30%
98.61%
99.13%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.88%
100%
84.52%
100%
100%
100%
97.23%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.23%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005