DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 4 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 10 0 10 25 140 77.77% 10 22.22% 35 77.77%
2 Perlengkapan kamar tidur 8 3 10 24 140 77.77% 11 24.44% 34 75.55%
3 Kecukupan makanan 10 0 5 30 145 80.55% 10 22.22% 35 77.77%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 8 2 8 27 144 80% 10 22.22% 35 77.77%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 3 11 24 142 78.88% 10 22.22% 35 77.77%
Jumlah
43 8 44 130 711 79% 51 22.66% 174 77.33%
100




0
77.77%
77.77%
80.55%
80%
78.88%
79%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 7 2 4 32 151 83.88% 9 20% 36 80%
2 Penggunaan metode mengajar 7 2 5 31 150 83.33% 9 20% 36 80%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 1 6 31 151 83.88% 8 17.77% 37 82.22%
4 Penggunaan media pembelajaran 6 3 7 29 149 82.77% 9 20% 36 80%
5 Penguasaan materi 7 1 7 30 150 83.33% 8 17.77% 37 82.22%
Jumlah
34 9 29 153 751 83.44% 43 19.11% 182 80.88%
100




0
83.88%
83.33%
83.88%
82.77%
83.33%
83.44%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 2 7 29 148 82.22% 9 20% 36 80%
2 Kebersihan Toilet (WC) 7 1 11 26 146 81.11% 8 17.77% 37 82.22%
3 Kebersihan lingkungan kantor 5 1 14 25 149 82.77% 6 13.33% 39 86.66%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 5 8 26 144 80% 11 24.44% 34 75.55%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 7 1 8 29 149 82.77% 8 17.77% 37 82.22%
6 Kenyamanan ruang praktek 7 2 7 29 148 82.22% 9 20% 36 80%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 6 0 10 29 152 84.44% 6 13.33% 39 86.66%
Jumlah
45 12 65 193 1036 82.22% 57 18.09% 258 81.90%
100




0
82.22%
81.11%
82.77%
80%
82.77%
82.22%
84.44%
82.22%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 2 3 33 152 84.44% 9 20% 36 80%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 6 1 7 31 153 85% 7 15.55% 38 84.44%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 8 1 7 29 147 81.66% 9 20% 36 80%
4 Kelancaran proses asessment 6 2 6 31 152 84.44% 8 17.77% 37 82.22%
5 Kedisiplinan 7 2 5 31 150 83.33% 9 20% 36 80%
Jumlah
34 8 28 155 754 83.77% 42 18.66% 183 81.33%
100




0
84.44%
85%
81.66%
84.44%
83.33%
83.77%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 7 1 9 28 148 82.22% 8 17.77% 37 82.22%
2 Layanan makanan 7 0 8 30 151 83.88% 7 15.55% 38 84.44%
3 Layanan panitia kegiatan 6 1 8 30 152 84.44% 7 15.55% 38 84.44%
4 Layanan administrasi kegiatan 6 2 7 30 151 83.88% 8 17.77% 37 82.22%
5 Keramahan 8 0 6 31 150 83.33% 8 17.77% 37 82.22%
Jumlah
34 4 38 149 752 83.55% 38 16.88% 187 83.11%
100




0
82.22%
83.88%
84.44%
83.88%
83.33%
83.55%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 1 6 33 157 87.22% 6 13.33% 39 86.66%
2 Transparansi keuangan 7 1 6 31 151 83.88% 8 17.77% 37 82.22%
3 Bebas Pungli 6 1 5 33 155 86.11% 7 15.55% 38 84.44%
4 Bebas gratifikasi 8 1 5 31 149 82.77% 9 20% 36 80%
Jumlah
26 4 22 128 612 85% 30 16.66% 150 83.33%
100




0
87.22%
83.88%
86.11%
82.77%
85%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
77.33%
80.88%
81.90%
81.33%
83.11%
83.33%
81.31%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 81.31%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005